Tips Sukses Memulai Ide Usaha Jajanan Pasar, Wajib Simak!

Angelina Melisa Selasa, 21 June 2022
SHARE

Jajanan pasar merupakan jenis camilan tradisional yang sudah ada sejak lama. Jajanan pasar memiliki ciri khas dan kelezatan yang nikmat, sehingga seringkali dicari oleh banyak orang.

Tidak heran jika banyak orang yang mencoba untuk memulai usaha jajanan pasar. Selain lezat, popularitas jajanan pasar tak lekang oleh waktu sehingga peluang usaha jajanan pasar menarik untuk dirintis.

Bagaimana cara sukses memulai usaha jajanan pasar? Simak tipsnya di artikel ini, yuk!

Ide Bisnis Jajanan Pasar

Jajanan pasar identik dengan camilan atau santapan tradisional khas Indonesia. Ada beragam aneka jajanan yang bisa kamu jadikan ide bisnis dengan peluang keuntungan yang besar, loh.

Berikut resep ide bisnis jajanan pasar yang dapat kamu cobain, tentunya mudah dan enak.

Peluang Usaha Jajanan Pasar

Jajanan pasar menjadi salah satu santapan camilan tradisional tertua yang masih populer hingga sekarang di Indonesia. Berikut 3 kelebihan usaha jajanan pasar, simak yuk!

Peminat atau Konsumen Selalu Ada

Jajanan pasar sudah dikenal dari dulu dan tetap bertahan sampai sekarang karena jajanan pasar masih memiliki banyak penggemar.

Jajanan tradisional menjadi peluang usaha yang potensial untuk terus dikembangkan, hal ini terjadi karena kebiasaan ngopi atau ngeteh dengan camilan masih banyak dilakukan masyarakat Indonesia.

Sangat Mudah Dikembangkan

Usaha jajanan pasar memiliki beragam jenis kue yang sangat mudah dikembangkan di pasar modern. Kamu dapat memulai usaha jajanan pasar dengan menghadirkan kembali kue tradisional yang dibuat dengan sentuhan kreasi baru, serta dikemas dengan konsep pemasaran yang lebih menarik dan modern.

Modal Usaha Terjangkau

Jajanan pasar sangat dikenal sebagai jajanan kue yang merakyat dan sederhana, sehingga modal usaha yang diperlukan sangat terjangkau. Modal untuk membeli bahan kue tidak menghabiskan banyak biaya, tempat untuk menjual jajanan pasar pun tidak perlu menyewa tempat mewah. Kamu cukup punya gerobak atau warung kecil sebagai tempat untuk menjual jajanan tersebut.

Butuh Bahan dan Peralatan untuk Membuat Aneka Jajanan Pasar? Belanja di Bakingworld.id aja

Tips Memulai Usaha Jajanan Pasar

Jika kamu berminat untuk memulai usaha jajanan pasar, berikut beberapa tips penting yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan bisnis jajanan pasar. Simak Yuk!

Gunakan Bahan Kue Berkualitas

Cita rasa kue yang lezat berasal dari bahan kue yang berkualitas. Menjual aneka jajanan pasar yang memiliki cita rasa enak dan konsisten akan lebih mudah meningkatkan penjualan dan menarik banyak pelanggan setia.

Pilih Lokasi Strategis

Sebelum membuka usaha jajanan pasar, sebaiknya kamu melakukan survei tempat berjualan. Penting sekali untuk mencari lokasi jualan yang strategis dengan ramai pembeli, seperti di pasar, kawasan sekolah, perkantoran, perumahan, hingga pinggir jalan.

Berjualan di Pasar Kaget

Selain lokasi yang strategis, kamu juga dapat berjualan kue di pasar kaget seperti berjualan di keramaian saat CFD, pasar malam, bulan ramadhan, dan acara lainnya yang banyak didatangi pengunjung.

Menitipkan Jajanan Pasar di Warung

Jika kamu tidak mempunyai modal untuk membuat tempat usaha, kamu tetap dapat menjual jajanan pasar dengan menitipkannya di warung. Pilihlah warung yang pengunjungnya cukup ramai agar dagangan kamu cepat laku, kamu juga dapat menitipkan dagangan di kantin sekolah ataupun kantin kantor.

Terima Pesanan Paket Snack Box dengan Sistem Pre-order

Selain menitipkan dagangan ke warung, kamu juga bisa membuka pesanan sistem pre-order yang menerima pesanan paket snack box untuk sajian di acara-acara besar seperti arisan atau acara kantor.

Promosi Dagangan di Media Sosial

Selain cara penjualan yang konvensional, kamu juga harus mulai mempromosikan dagangan secara online melalui media sosial seperti Instagram, Whatsapp, dan Facebook. Promosi dagangan di media sosial dapat mengenalkan dagangan dengan cangkupan pembeli yang lebih luas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants