Tips Menyimpan Keju Agar Awet dan Tidak Rusak

Angelina Melisa Selasa, 21 September 2021
SHARE

Siapa nih yang suka banget mengkonsumsi keju? Keju menjadi salah satu produk olahan susu yang populer dan memiliki banyak penggemarnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penambahan keju pada makanan akan membuat cita rasa makanan menjadi lebih gurih dan lezat.

Dibalik rasanya yang lezat, keju merupakan produk fermentasi yang sangat rentan basi dan berjamur jika tidak disimpan dengan benar. Nah, supaya keju tetap bisa dikonsumsi dan tidak mubazir terbuang. Yuk, baking friends ikutis tips menyimpan keju berikut ini!

Gunakan Kertas Pembungkus Keju

Sebelum keju disimpan, bungkuslah keju dengan kertas khusus pembungkus keju. Dengan menggunakan kertas khusus ini maka keju bisa bertahan hingga 2 minggu. Kertas keju sudah banyak di jual di pasaran, teksturnya mirip dengan kertas minyak. Kertas keju dapat memberi ruang udara pada keju tanpa membuat keju mengeras.

Gunakan Kertas Lilin untuk Membungkus Keju

Sulit menemukan kertas pembungkus keju? Opsi lainnya, kamu bisa menggunakan kertas lilin yang bisa menjadi solusi pengganti kertas keju. Tekstur kertas lilin hampir sama dengan kertas keju, penggunaan kertas lilin untuk menyimpan keju ini kemungkinan keju akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Penyimpanan keju dengan kertas lilin diklaim bahwa daya tahan keju yang disimpan dalam kertas lilin lebih lama disbanding keju yang dimasukan ke dalam lemari es tanpa pembungkus apapun. 

Jangan menggunakan Plastik untuk Membungkus Keju

Sebagian orang masih menyimpan keju dengan plastik, sebaiknya hindari penggunaan plastis sebagai pembungkus keju. Plastik membuat keju tidak bisa menyerap udara sehingga keju akan mengalami perubahan rasa dan aroma bahkan rasa dan aroma plastik akan melekat pada keju sehingga keju tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

Tidak Membungkus keju terlalu ketat

Selain menggunakan kertas keju ataupun kertas lilin untuk membungkus keju, kalian dapat menggunakan aluminium foil sebagai pembungkus keju ataupun pembungkus tambahan. Aluminium foil adalah pembungkus keju yang ideal untuk hampir semua jenis keju. Namun, perlu diketahui bahwa sebaiknya tidak membungkus keju terlalu ketat, berikanlah sedikit udara untuk keju tapi jangan membungkus keju terlalu longgar supaya keju tidak mengeras karena paparan udara dari luar.

Jangan Menyimpan Keju Tanpa Pembungkus atau Penutup

Sebaiknya hidari menyimpan keju tanpa pembungkus ataupun penutup karena beresiko tinggi keju berjamur. Bila kamu memiliki keju yang teksturnya lembut, sebaiknya gunakan wadah seperti Tupperware lalu simpan ke dalam kulkas. Keju yang teksturnya padat sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan dengan menggunakan pembungkus yang tepat dan benar.

Nah, begitulah cara penyimbanan keju yang baik. Semoga dapat membantu kalian untuk menyimpan sisa keju di rumah ya baking friends.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants