Tips Memilih Kolang Kaling Berkualitas Buat Bikin Takjil

Angelina Melisa Selasa, 12 April 2022
SHARE

Kolang kaling merupakan salah satu jenis buah yang identik dengan sajian Ramadan. Kolang kaling menjadi bahan yang digunakan sebagai komponen dalam es buah hingga kolak.

Kolang kaling memiliki bentuk yang lonjong, pipih dan teksturnya lembut serta kenyal. Kolang kaling dibuat dari fermentasi biji pohon aren yang direndam dengan air kapur.

Sebelum membuat sajian enak dengan kolang kaling, kamu harus mengetahui tips memilih kolang kaling yang segar dan berkualitas agar sajian yang dibuat lebih optimal dan aman dikonsumsi.

Simak yuk apa saja tips memilih kolang kaling yang penting diperhatikan!

Memeriksa Aroma Khas Kolang Kaling

Pilih kolang kaling yang memiliki aroma khas seperti aroma asam yang khas dimiliki kolang kaling yang diolah secara alami. Hindari kolang kaling yang tidak memiliki aroma karena bisa jadi sudah diolah dengan tambahan zat-zat kimia.

Memeriksa Warna Kolang Kaling

Pilihlah kolang kaling yang memiliki warna cenderung transparan atau lebih bening dan sedikit kusam. Hindari memilih kolang kaling yang memiliki warna putih pekat dan tampak bersih atau kolang kaling yang telah diwarnai oleh penjual karena tidak diketahui kualitas kesegaran kolang kaling tersebut.

Memeriksa Teksturnya

Kolang kaling yang segar dan aman memiliki tekstur yang kenyal namun pas dan tidak berlebihan, serta teksturnya cenderung kenyal dan hancur saat ditekan menggunakan kuku.

Pilih Kolang Kaling yang Muda

Kolang kaling yang empuk tentu sangat nikmat, Nah, untuk mendapatkannya maka kamu harus memilih kolang kaling yang masih muda. Ciri-ciri kolang kaling yang masih muda yaitu berwarna bening, bentuknya lebar dan pipih. Nah, ciri kolang kaling ini berbeda dengan kolang kaling tua yang cenderung bertekstur keras dan memiliki lubang dibagian tengahnya.

Perhatikan Lalat Hinggap atau Tidak Pada Kolang Kaling

Bahan makanan yang dihinggapi lalat memang tampak menjijikan. Namun tidak dengan kolang kaling, lalat yang hinggap pada kolang kaling dapat menjadi indikasi kesegaran kolang kaling yang diolah tanpa bahan kimia.

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants