Tips Bikin Biji Salak yang Empuk dan Kenyal

Angelina Melisa Senin, 18 April 2022
SHARE

Siapa yang nggak tahu dengan biji salak? Pasti banyak yang sudah nggak asing lagi dengan takjil yang selalu dicari saat bulan Ramadan.

Namun, ternyata masih banyak yang mengira biji salak terbuat dari biji buah salak. Biji salak adalah sebutan untuk takjil yang terbuat dari ubi dan sagu, kemudian adonannya dibentuk bulat lalu di rebus hingga hasilnya mirip seperti biji salak asli.

Nah, kali ini Bakingworld.id punya tips bikin biji salak anti gagal dan dijamin praktis banget.

Penasaran? Yuk, cobain tips di bawah ini untuk bikin biji salak yang empuk dan kenyal!

Gunakan ubi yang dikukus atau dipanggang

Lebih baik membuat biji salak menggunakan ubi yang di kukus atau di panggang. hindari menggunakan ubi yang direbus karena akan menambah kadar air dalam adonan.

Takaran Adonan yang Tepat

Ada beragam jenis tepung yang digunakan untuk membuat adonan biji salak, seperti tepung tapioka atau tepung ketan. Pastikan kamu memperhatikan takaran adonan dengan tepat agar hasilnya tidak keras ataupun terlalu kenyal.

Jika menggunakan tepung tapioka, gunakan tepung tapioka 1/2 dari ubinya dan jangan terlalu banyak. Jika kamu ingin menggunakan tepung ketan, bisa ikuti resep di artikel ini.

Aduk Adonan Sampai Rata

Hindari mengaduk adonan secara berlebihan, kamu cukup aduk adonan sampai tercampur rata saja agar biji salak tidak keras dan mengering

Buat Ukuran yang Pas

Dalam proses membulatkan biji salak, ukurannya harus pas dan tidak boleh terlalu besar. Ukuran yang terlalu besar akan membuat biji salak sulit matang

Rebus Biji Salak di Air Biasa, Jangan Langsung rebus di Air Gula

Rebus biji salak di air biasa terlebih dahulu hingga adonan matang. rebus adonan biji salak di air mendidih, kemudian biarkan sampai adonan terapung ke atas kemudian angkat biji salak yang sudah matang. Nah, selanjutnya masukan biji salak ke dalam rebusan air gula merah, aduk perlahan hingga tercampur rata. Jadi adonan biji salak tidak langsung direbus dalam rebusan air gula ya

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants