Cara Aman Dalam Mengonsumsi Makanan Kaleng Agar Tetap Sehat

Angelina Melisa Rabu, 02 February 2022
SHARE

Makanan kaleng merupakan jenis makanan yang diawetkan dalam kemasan kaleng dan penyajiannya sangat praktis, yaitu hanya memanaskannya saja ketika ingin menyantapnya.

Terdapat beragam jenis bahan makanan kaleng siap saji yang dapat kamu pilih sebagai stok bahan makanan di rumah. Meskipun makanan kaleng aman untuk dikonsumsi, kamu tidak boleh mengabaikan cara mengolah makanan kaleng dengan tepat.

Yuk, simak cara aman mengolah makanan kaleng dengan tepat!

Pilih Makanan Kaleng dengan Kondisi Fisik yang Baik

Saat membeli produk makanan kaleng, perhatikan dengan teliti kondisi fisik kemasan kaleng masih utuh, tidak bocor, penyok dan tidak gembung. Selain itu, perhatikan tanggal kedaluwarsa produk pada kemasan makanan kaleng.

Pisahkan Cairan di Dalam Kaleng Sebelum Dimasak

Sebelum memasak makanan kaleng, pisahkan atau buang cairan pada makanan kaleng tersebut. Cairan tersebut mengandung tinggi natrium dan gula yang digunakan sebagai pengawet makanan di dalam kaleng. Sebaiknya, buat kuah sendiri dengan bahan-bahan segar untuk mengurangi kadar natrium atau gula pada makanan.

Masak Kembali Makanan Kaleng

Makanan kaleng memang sudah diolah dan dimasak hingga matang, namun sebaiknya makanan kaleng tetap dimasak kembali sebelum dikonsumsi. Pastikan kamu memasak makanan dengan suhu optimal agar aman dari bakteri berbahaya.

Memindahkan Sisa Makanan Kaleng

Jika masih terdapat sisa makanan kaleng yang tidak habis, sebaiknya segera pindahkan ke wadah lain dan tutup rapat agar tidak terpapar udara. Disarankan untuk tidak menyimpan sisa makanan di dalam kaleng bawaanya atau sebaiknya habiskan makanan kaleng tersebut.

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants