8 Tips Memulai Peluang Usaha Bakso Sapi untuk Pemula

Angelina Melisa Senin, 25 July 2022
SHARE

Bakso menjadi salah satu makanan yang populer  dan banyak dijumpai di Indonesia, mulai dari penjual kaki lima hingga rumah makan besar pun menjual menu bakso sebagai salah satu hidangannya.

Bakso yang disajikan dengan kuah beraroma lezat sangat disukai oleh banyak orang, sehingga tidak heran jika usaha bakso tidak pernah mati. Usaha bakso semakin pesat mulai dari menu bakso biasa hingga beragam menu bakso kekinian.

Kamu ingin memulai peluang usaha bakso sapi? Berikut langkah awal membuka usaha bakso yang perlu kamu lakukan, simak tipsnya yuk!

Menentukan Lokasi Penjualan

Ketika ingin memulai membuka usaha, tentukan dahulu lokasi yang strategis untuk berjualan bakso. Lakukan survei lokasi untuk berjualan, pilih lokasi yang ramai dan menarik banyak pelanggan seperti area sekitar kampus atau sekolah, perkantoran atau pabrik, stasiun atau terminal dan juga bisa pilih area pasar.

Baca Juga: Tips Bikin Bakso Sapi Kenyal dan Enak 

Menentukan Harga Bakso

Pastikan kamu mematok harga jual menu bakso yang sesuai dengan pasaran. Perhatikan harga menu bakso yang sesuai dengan harga bakso pada umumnya atau menyesuaikan harga dari tempat berjualan. Harga yang sesuai untuk seporsi bakso dan tidak terlalu mahal dari harga pasaran, tentu akan diminati oleh konsumen.

Memperhatikan Kualitas Rasa Bakso

Selain menentukan lokasi berjualan dan harga bakso, penting sekali untuk memperhatikan kualitas rasa bakso yang dijual. Kualitas rasa bakso menjadi faktor penting untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen, sehingga konsumen akan datang kembali untuk membeli bakso.

Seprosi bakso dengan rasa yang gurih dan enak akan membuat konsumen ketagihan dan pasti kembali lagi untuk membeli bakso. Oleh sebab itu, hindari membuat bakso yang terlalu aneh dan membuat rasa bakso kurang diminati konsumen.

Menawarkan Variasi Menu Bakso

Siapkan beberapa variasi menu bakso untuk pembeli, sehingga pelanggan tidak merasa bosan dan dapat menikmati varian menu bakso yang unik. Varian menu bakso yang beragam dapat meningkatkan selera para pembeli, contoh varian menu bakso seperti mie ayam bakso dengan berbagai isian jamur atau keju.

Beragam menu bakso yang ditawarkan kepada pembeli akan membuat pembeli penasaran dan datang kembali untuk mencoba menu bakso tersebut. Jadi siapkan menu bakso andalanmu, ya.

Kebersihan Tempat Usaha Bakso

Selain rasa dan varian menu bakso yang beragam, tentunya sangat penting untuk tetap menjaga kebersihan tempat usaha bakso agar disenangi oleh pembeli. Tempat makan yang bersih akan membuat pembeli merasa nyaman dan percaya dengan hidangan yang dijual.

Kenyamanan pembeli sangat penting diperhatikan, sehingga pelanggan tetap betah dan mau datang kembali untuk menikmati bakso yang dijual. Tentu saja tempat yang kotor akan membuat pelanggan tidak nyaman, bahkan tidak mau datang kembali.

Memberikan Pelayanan yang Ramah dan Baik Kepada Pembeli

Jika tempat usaha bersih dan nyaman, tentu saja kamu harus meningkatkan pelayanan yang ramah dan baik kepada pelanggan agar mereka senang serta semakin betah untuk dating kembali. Jika pelayanan kurang memuaskan atau  kurang baik kepada pelanggan, maka pelanggan tidak ingin membeli bakso lagi dan tempat usaha menjadi sepi.

Oleh karena itu, penting sekali memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Kamu bisa mengajak pelanggan berbincang atau memberikan lelucon yang menghibur, sehingga pelanggan merasa nyaman dan senang.

Melakukan Strategi Promosi

Penjualan bakso tidak akan diketahui oleh banyak orang, jika kamu tidak melakukan strategi promosi untuk menarik pelanggan. Kamu bisa lakukan promosi usaha bakso melalui media sosial atau brosur, misalnya promosi pembelian bakso 2 porsi akan mendapatkan free minuman atau promosi buy 1 get 1 untuk hari pertama pembukaan tempat usaha bakso.

Memberikan Diskon di Hari Tertentu

Kamu dapat menawarkan diskon besar-besaran yang menarik perhatian pelanggan, tentu saja kamu bisa memberikan diskon di hari tertentu seperti hari ulang tahun, hari raya besar atau perayaan lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Get by voucher
62 Lessons
Prakerja

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants