6 Tips Membuat Pancake Lembut dan Cantik

Angelina Melisa Selasa, 15 February 2022
SHARE

Pancake merupakan hidangan sarapan yang memiliki tekstur lembut dengan rasanya yang manis dan legit. Pancake menjadi menu sarapan yang praktis dan disukai banyak orang.

Meskipun cara membuat pancake tampak mudah, sayangnya masih banyak yang gagal untuk membuat pancake yang lembut dan empuk.

Berikut ini 7 tips membuat pancake lembut dan cantik yang telah Bakingworld.id rangkum untuk Baking Friends di rumah, simak yuk!

Gunakan Baking Powder yang Berkualitas Baik

Pastikan kamu menggunakan bahan-bahan berkualitas baik untuk membuat pancake, terutama baking powder yang berperan sebagai pengembang adonan dan membuat pancake empuk. Gunakan baking powder berkualitas baik yakni dalam keadaan baik, fresh dan tidak kedaluwarsa. Baking powder yang sudah tidak layak pakai akan membuat tekstur pancake menjadi keras dan tidak empuk.

Memisahkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Sebelum mencampurkan semua bahan adonan, sebaiknya pisahkan bahan kering dan bahan basah terlebih dahulu. Campurkan bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, gula dan garam dalam satu wadah, lalu aduk bahan kering hingga tidak menggumpal. Kemudian, untuk bahan basah (telur, mentega cair dan susu) akan dicampurkan di wadah yang berbeda, lalu dikocok hingga merata.

Mengaduk Adonan dengan Benar

Setelah mencampur masing-masing bahan, campurkan kedua bahan kering dan bahan basah menjadi satu. Caranya yaitu tuangkan bahan kering ke dalam wadah bahan basah, lalu aduk kedua bahan tersebut dengan spatula hingga tercampur rata. Hindari mengaduk adonan secara berlebihan atau terlalu lama karena akan membuat pancake menjadi keras.

Diamkan Adonan Setelah Diaduk

Setelah mengaduk adonan pancake hingga tercampur rata, diamkan adonan pancake selama 15 menit hingga 30 menit sebelum memasak. Tujuannya agar  tepung menyerap cairan sehingga adonan dapat mengembang sempurna.

Gunakan Wajan Datar Berukuran Sedang dan Beri Sedikit Minyak

Untuk memasak pancake, gunakan wajan yang berbentuk datar dan anti lengket dengan ukuran yang sedang. Hindari menggunakan wajan yang berukuran terlalu kecil agar kamu tidak kesulitan membalik pancake dengan baik. Kemudian, beri sedikit minyak dan ratakan hingga seluruh permukaan wajan untuk membuat pancake tidak lengket dan mudah dibalik.

Panaskan Wajan dengan Api Sedang

Sebelum memasak pancake, panaskan wajan terlebih dahulu dengan api sedang agar pancake matang sempurna. Untuk memastikan wajan sudah panas, kamu bisa mencoba tuangkan sedikit adonan pancake hingga terdengar suara mendesis. Jika terdengar mendesis, segera kecilkan api lalu tuangkan adonan pancake

Gunakan Sendok atau Scop Es Krim untuk Menakar Adonan Pancake

Ketika wajan sudah panas, kamu bisa menuangkan adonan pancake sebanyak 1 sendok sayur atau bisa juga menuangkan adonan pancake sebanyak 1 scop es krim. Dengan menggunakan takaran ini, bertujuan agar pancake yang matang memiliki ukuran dan tebal yang merata.  

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants