5 Tips Menyimpan Kopi Tetap Segar dan Tahan Lama

Angelina Melisa Sabtu, 26 February 2022
SHARE

Siapa nih yang suka kopi? Selain dinikmati dalam bentuk minuman, kopi juga dapat dipakai sebagai bahan untuk membuat kue. Kopi memiliki aroma yang khas dan sangat harum sehingga cocok sekali dipadukan dengan cokelat untuk membuat kue atau cake cokelat yang lezat.

Kopi sangat sensitif dan mudah rusak kalau terkena udara, cahaya, panas serta lembab. Oleh karena itu, kamu harus menyimpan persediaan kopi dengan benar agar kualitasnya tidak turun sehingga tetap dapat membuat kue yang enak.

Berikut ini 5 tips menyimpan kopi yang dapat kamu coba di rumah, simak yuk!

Sebaiknya Menyimpan Biji Kopi, Bukan Kopi Bubuk

Biji kopi memiliki daya simpan yang jauh lebih lama dari pada kopi bubuk, yakni sekitar 1-2 bulan. Selain itu, biji kopi yang digiling saat akan dipakai memiliki kualitas kesegaran dan aroma yang lebih nikmat dari pada kopi bubuk. Kualitas kopi sebagai bahan untuk membuat kue sangat mempengaruhi kelezatan dari hasil akhir kue tersebut.

Jika Membeli Kopi Bubuk, Beli Sesuai dengan Porsi

Penyimpanan kopi bubuk sangat singkat, kopi bubuk yang terlalu lama disimpan akan membuat kualitasnya  menurun. Oleh karena itu, beli kopi bubuk sesuai dengan porsi selama 1-2 minggu pemakaian. Tujuannya agar tetap dapat menikmati kesegaran dan lezatnya kopi, hindari membeli kopi bubuk yang berlebihan.

Baca Juga: 

Simpan Kopi Dalam Wadah yang Rapat

Gunakan wadah yang rapat dan kedap udara untuk menyimpan kopi. Kopi sangat rentan terhadap paparan udara dan cahaya, sehingga dapat mengurangi kesegaran kopi yang akan mempengaruhi kualitasnya. Jika memungkinkan, gunakanlah wadah keramik yang dapat menjaga kopi dari paparan cahaya yang berlebihan. Wadah bahan kaca juga dapat kamu gunakan jika tidak memiliki wadah keramik, tapi perhatikan lokasi peletakannya.

Letakan Wadah Kopi di Lokasi yang Aman

Selain wadah penyimpanan kopi, perhatikan juga tempat atau lokasi peletakan wadah kopi tersebut. Hindari tempat yang lembab dan terpapar cahaya matahari langsung atau lokasi yang berpotensi terkena panas dan cahaya berlebihan, misalnya di dekat area kompor.

Jangan Biarkan Wadah Kopi Terbuka Sangat Lama

Jika kamu membuka wadah kopi untuk mengambil kopi, maka segera tutup wadah setelah dibuka. Tujuannya agar kopi tidak terkena paparan udara secara berlebihan karena akan menyebabkan kualitas kopi menurun.

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants