Yuk Mengenal Kegunaan Tepung Kentang

Angelina Melisa Kamis, 22 July 2021
SHARE

Baking friends, sudahkah kalian tahu mengenai tepung kentang dan kegunaannya? Tepung kentang berwarna putih, terbuat dari pati atau ekstrak kentang asli.

Tepung kentang umumnya digunakan sebagai pengental makanan dapat menjadi alternatif pengganti tepung jagung. selain itu tepung kentang dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai macam olahan makanan seperti roti, cake, pastry, donat, mie, sosis, daging olahan.

Jika dibandingkan dengan tepung terigu, bahan pengental dari tepung kentang menghasilkan efek lebih merata dan tidak berbau seperti pengentalan dengan tepung terigu. Keunggulan lainnya adalah rasanya netral dan hasil masakan lebih bening

Adonan kue yang menggunakan tepung kentang akan lebih empuk, hal tersebut karena amilopektin pada kentang dapat mengikat air lebih banyak sehingga adonan menjadi lunak.

Karakteristik tepung kentang yaitu memiliki daya serap yang tinggi, tekstur halus, rasa sedikit manis, aroma harum khas tepung kentang dan zat gizi lainnya yang terdapat pada tepung kentang.

Adonan yang menggunakan tepung kentang akan bertekstur lebih lembut dibandingkan menggunakan tepung tapioca dalam pengolahan bakso. Selain itu, waktu mematangkan tepung kentang lebih singkat dibandingkan tepung lainnya. 

Nah baking friends, sudah tahukan apa itu tepung kentang? Bagi kalian yang gemar masak dan membuat kue, tepung kentang perlu dicoba nih di rumah.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants