Yuk Ketahui Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi

Angelina Melisa Selasa, 27 July 2021
SHARE

Tahukah baking friends susu cair nggak hanya dikonsumsi dalam bentuk minuman tetapi juga bisa menjadi bahan olahan kue dan roti?

Nah, penggunaan susu cair pada kue berperan untuk memberikan kelembapan, melembutkan tekstur dan menambah aroma susu. Sedangkan pada pembuatan roti, susu berperan sebagai pelarut bahan-bahan kering pada adonan, melembutkan gluten, menambah rasa dan aroma susu pada roti.

Susu cair yang biasanya digunakan dalam pembuatan kue dan roti yaitu susu UHT dan susu pasteurisasi. Kedua jenis susu cair tersebut merupakan susu siap pakai untuk di konsumsi atau sebagai bahan pengolahan kue dan roti.

Tahukah kalian apa yang membedakan kedua jenis susu cair tersebut?

Pada dasarnya kedua jenis susu cair ini sama-sama berasal dari susu yang dihasilkan dari pemerahan hewan mamalia bisa dari sapi, kambing, domba, bahkan unta. Perbedaan kedua jenis susu cair tersebut yaitu proses sterilisasi atau cara pemanasan susu.

Proses sterilisasi berfungsi untuk mematikan bakteri yang  berasal dari kontaminasi bakteri dari kulit atau kotoran sapi, peralatan pemerahan, tangan pemerah, dan tempat yang digunakan untuk menampung hasil pemerahan.

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu cair yang dipanaskan dengan temperatur yang sangat tinggi yaitu pada suhu 138 derajat Celsius selama 2 detik hingga mikroorganisme yang ada pada bakteri hilang semua.

Susu UHT disebut sebagai susu steril yang dapat disimpan dalam waktu 6 bulan hingga 1 tahun selama kemasan belum dibuka. Susu UHT dikemas dengan wadah aseptic (kardus) dan cukup disimpan dalam suhu ruang tetapi setelah dibuka susu UHT hanya bertahan selama 3 sampai 4 hari disimpan di kulkas.

Sedangkan susu pasteurisasi dipanaskan pada suhu 72 derajat Celsius selama 15 detik, pada proses pasteurisasi tidak semua bakteri dimusnahkan. Susu pasteurisasi hanya bisa dikonsumsi sekitar 1 sampai 2 minggu sejak tanggal produksi dan penyimpanannya tidak boleh di suhu ruangan tetapi di kulkas.

Jadi, kalian akan pilih menggunakan susu cair yang mana nih? Keduanya sama baik dan penggunaanya praktis bisa langsung dimasukan ke dalam adonan. 

Susu UHT lebih ekonomis dibandingkan susu pasteurisasi dari segi harga tetapi susu pasteurisasi memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dengan cita rasa mendekati susu segar.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants