Yuk Ketahui Perbedaan Agar-Agar, Jelly, dan Puding

Angelina Melisa Sabtu, 31 July 2021
SHARE

Kalian pasti nggak asing dengan agar-agar, jelly, dan puding. Sekilas tampak sama tetapi sebenarnya karakteristik masing-masing produk ini berbeda terutama pada bahan yang digunakan untuk membuatnya.

Penting sekali untuk mengetahui perbedaannya supaya kalian bisa memilih mana yang lebih tepat digunakan untuk membuat dessert jenis tertentu. Yuk disimak ya baking friends!

Agar-Agar

Agar-agar memiliki tekstur yang lebih padat, halus, berair dan garing dibandingkan dengan jelly dan puding. Agar-agar terbuat dari ekstrak rumput laut, agar-agar biasanya dijadikan bahan campuran es buah atau dapat langsung dimakan saat agar-agar sudah padat di dalam cetakan.

Jelly

Jelly sekilas mirip dengan agar-agar tapi tekstur jelly lebih kenyal dibandingkan dengan agar-agar yang cenderung padat dan garing. Jelly terbuat dari konyaku dan karagenan, jelly biasanya sudah diberi perasa seperti cokelat dan buah-buahan. Jelly dapat langsung dinikmati atau bisa dijadikan campuran es buat dan dessert lainnya.

Puding

Pada dasarnya puding terbuat dari bahan campuran agar-agar atau bisa juga jelly dengan tambahan lainnya seperti telur dan susu sehingga membuat tekstur pada puding lebih lembut.

Agar-agar, jelly, dan puding baik untuk dikonsumsi karena bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya mengandung serat tinggi yang baik untuk melancarkan saluran pencernaan. 

Namun perlu diingat, supaya mendapatkan manfaatnya harus membatasi kandungan gula saat membuat dessert ya baking friends.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants