Yuk kenali 2 Jenis Cokelat untuk Membuat Kue!

Angelina Melisa Selasa, 29 June 2021
SHARE

Siapa sih yang nggak kenal dengan cokelat? Namun, apakah kalian sudah mengenal kualitas cokelat dan jenis-jenis cokelat untuk membuat kue ?    

Perbedaan cokelat dilihat dari kualitasnya yaitu premium, menengah dan standar. Cokelat berkualitas premium mengandung lebih banyak cocoa liquor atau sari biji kakao, cocoa butter dan cocoa solid.

Kandungan tersebut menjadi penentu tingkat premium cokelat, semakin tinggi cocoa liquor pada cokelat maka semakin terasa sensasi pahit dan harga coklat semakin mahal.

Begitu pula cara membedakan kualitas dari 2 jenis cokelat untuk membuat kue, yaitu cokelat couverture dan cokelat compound

Apa saja ya yang membedakan kedua cokelat ini? Yuk simak terus ya ulasannya!

COKELAT COUVERTURE

Cokelat couverture termasuk jenis cokelat yang sering disebut the real chocolate. 

Wah kok bisa ya?

Hal ini karena pembuatan cokelat couverture yang sulit serta kandungan bahannya yang terdiri dari coca liquor, cocoa butter, lesitin, gula, vanili dan susu bubuk (untuk cokelat susu dan putih) sehingga harganya pun mahal. 

Cokelat couverture mudah lumer serta rasanya pahit dan manis, sebelum digunakan cokelat couverture harus melewati proses tempering (menaikan dan menurunkan suhu saat pelelehan cokelat) untuk menstabilkan kandungan cocoa butter yang sudah meleleh.

Walaupun rasanya enak dan sehat, kerumitan pada prosesnya ini menjadi bagian kelemahan cokelat couverture yaitu penyimpanan dan penanganan, khususnya untuk membuat praline yang sensitif terhadap panas.

COKELAT COMPOUND

Cokelat compound sering disebut bukan real chocolate karena terbuat dari kandungan bubuk kakao, lemak nabati sebagai pengganti cocoa butter dan pemanis sehingga cenderung terasa lebih manis dan teksturnya keras.

Inilah sebabnya harga cokelat compound lebih murah dan tidak perlu melalui proses tempering, cukup dilelehkan dengan cara di tim sampai meleleh coklat pun siap digunakan.

Cokelat compound memiliki 3 jenis yaitu :

  • Dark chocolate compound, coklat berwarna pekat ini tidak mengandung banyak susu dan rasa cokelatnya lebih terasa sehingga coklat ini cocok untuk membuat cake dan aneka makanan ringan lainnya.
  • Milk chocolate compound, dikenal sebagai cokelat yang mengandung susu lalu ditambahkan campuran minyak nabati, pasta cokelat alami, dan vanilla.
  • White chocolate compound, coklat batang yang berwarna putih mengandung cocoa butter, lemak cokelat, gula, susu dan vanilla

Baking friends sudah tahukan perbedaan kedua jenis cokelat bahan untuk membuat kue.

Kalian ingin tahu lebih tentang cokelat dan tips tempering cokelat?

Yuk langsung aja belajar di Tips From The Kitchen bersama Chef Indra Gunawan.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants