Tak Hanya Pemanis, Berikut Fungsi Gula dalam Pembuatan Kue

Angelina Melisa Senin, 4 jam yang lalu
SHARE

Baking friends, tahukah kamu? Gula tak hanya memiliki fungsi sebagai pemanis dalam pembuatan kue, loh. Fungsi gula dalam pembuatan kue dapat berperan mempengaruhi tekstur dan menstabilkan adonan kue. Selain sebagai penambah rasa, gula sangat penting untuk membuat hasil akhir kue menjadi sempurna. 

Mengapa fungsi gula penting dalam pembuatan kue? Yuk, simak apa saja fungsi utama gula dalam pembuatan kue  berikut ini! 

Memberikan Kelembaban dan Tekstur Terhadap Kue

Gula berfungsi untuk mempertahankan kelembaban dan tekstur kue sehingga kue tidak terlalu cepat mengering dan meningkatkan masa penyimpanan kue. Gula dapat menghasilkan lapisan pada kue, lapisan ini yang akan membuat tekstur kue menjadi sedikit renyah.

Membuat Adonan Kue Semakin Lunak

Fungsi gula dalam adonan bertindak sebagai pelunak. Peran gula yang menyerap pada adonan dapat menunda pembentukan gluten dan pembangun struktur adonan menjadi lebih empuk.

Pemberi Warna Karamel Alami Ketika Proses Pemanasan

Pada saat proses pemanasan, gula mengalami karamelisasi sehingga dapat memberikan warna keemasan pada kue yang dipanggang dalam suhu panas yang tinggi. Karamelisasi gula pada adonan yang dipanggang akan membuat kue mencoklat dan membentuk lapisan yang renyah sehingga menambah rasa pada kue maupun roti.

Gula Dapat Dijadikan Sebagai Hiasan Kue

Selain sebagai bahan campuran pada adonan kue, gula dapat dikreasikan sebagai hiasan. Gula dapat dihaluskan lalu dijadikan taburan atau topping aneka kue, gula juga dapat dilelehkan hingga menjadi karamel lalu dijadikan topping karamel manis pada kue.

Nah, baking friends begitulah fungsi gula dalam pembuatan kue. Gula memiliki banyak jenisnya juga loh, yuk baca artikel jenis-jenis gula di media bakingworld.id dan tetap hemat belanja gula di Store Bakingworld.id

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants