Tahukah Kalian, Ternyata Mentega Banyak Jenisnya

Angelina Melisa Senin, 07 June 2021
SHARE

Kali ini mimin bakalan ajak baking friends membahas tentang mentega atau butter yang selalu menjadi bahan dasar untuk membuat olahan kue hingga makanan seperti appetizer, main course dan dessert. Meskipun mentega sudah populer, apakah kalian tahu mentega memiliki berbagai jenis?

Mentega dibedakan berdasarkan proses pembuatannya, apa saja jenis-jenisnya? yuk simak 7 jenis butter yang wajib kalian tahu!

Sweet Cream Butter

Jika kalian pernah menemui mentega dengan label yang tertulis mentega krim manis atau sweet cream butter maka label tersebut mengindikasikan jenis mentega terbuat dari krim susu segar yang dipanaskan (pasteurisasi) untuk membunuh patogen dan mencegah pembusukan. Kata sweet atau manis digunakan untuk membedakannya dari alternatif krim atau krim yang direndam.

Unsalted Butter

Mentega yang satu ini diproses tanpa tambahan garam sehingga disebut Unsalted butter atau mentega tawar. Selain itu, unsalted butter dibuat dari susu mentah tanpa perlu proses pemanasan. Unsalted butter  biasanya di gunakan untuk membuat ragam makanan sehat seperti makanan pengganti asi bayi.

Salted Butter 

Kalau ada unsalted butter ternyata ada juga butter jenis salted butter, mentega ini memiliki kandungan garam sehingga terasa lebih asin dan pastinya lebih tahan lama alias tidak cepat kedaluwarsa. Mentega yang satu ini pasti paling sering kalian jumpai dan gunakan untuk mengoles roti atau martabak, kue hingga menumis dan menggoreng. 

Organic Butter

Jenis mentega ini berbeda dengan mentega yang lainnya karena menggunakan susu organik. Apa sih maksudnya susu organik? organic butter dibuat dengan susu dari sapi yang diternak tanpa mengkonsumsi antibiotik atau hormon pertumbuhan, tidak hanya itu sapi tersebut diberi makan rumput yang dirawat secara organik tanpa pestisida dan pupuk sintetis.

Irish Butter

Tekstur mentega yang satu ini lembut banget karena dibuat dengan susu terbaik sehingga mentega ini memiliki kualitas yang tinggi. Selain lembut, irish butter  memiliki cita rasa  gurih dan makanan menjadi lebih lezat.

European-Style Butter

Mentega ini terbuat dari krim fermentasi dan diproses dalam waktu yang lama sehingga menghasilkan  lemak susu yang tinggi sekitar 82% sampai 85%. Sayangnya tekstur european-style butter kurang lembut dan warnanya sedikit lebih pudar dari mentega lainnya sehingga untuk digunakan sebagai adonan kue maka hasilnya menjadi fluffy.

Whipped Butter

Mentega yang satu ini memiliki kandungan gas atau udara lain seperti nitrogen sehingga tingkat kepadatannya kurang dari jenis mentega lainya. Meskipun teksturnya kurang, jumlah kalorinya rendah dan teksturnya lebih ringan. Mentega jenis ini cocok banget untuk olesan roti bakar tapi tidak cocok untuk dijadikan olahan kue ataupun memasak.

Nah, baking friends sekarang kalian tahukan kalau mentega memiliki berbagai jenisnya. Jadi, Kalian nggak akan bingung lagi untuk membeli butter dengan jenis yang sesuai resep untuk recook makanan kesukaan kalian.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants