Serupa Kok Nggak Sama? Mentega dan Margarin Berbeda Loh

Angelina Melisa Minggu, 13 June 2021
SHARE

Bagi kalian yang baru memulai belajar baking and pastry wajib banget mengenal 2 bahan ini karena masih banyak yang keliru dengan mentega dan margarin. Kedua bahan tersebut sering membuat banyak orang keliru, bentuknya yang serupa tapi ternyata berbeda serta memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing.

Nah baking friends, yuk simak perbedaannya supaya nggak salah dalam memilih mentega atau margarin serta kegunaan dalam baking and pastry!

MENTEGA

Mentega dalam bahasa inggris disebut butter, mentega berasal dari pengadukan dari lemak susu hewan yaitu susu sapi  terkadang juga menggunakan jenis susu lainnya seperti susu domba, susu kambing dan susu kerbau. Mentega adalah produk alami yang tidak mengandung trans fatty (asam lemak trans). Saat proses pengadukan, lemak padat susu akan terpisah dengan buttermilk atau bagian cair susu.

Butter 

Tekstur mentega lebih padat, lembut dan mudah meleleh, meski diletakkan dalam suhu ruangan. Meskipun teksturnya lebih padat tapi kandungan air di mentega lebih banyak loh. Biasanya mentega berwarna kuning pucat tapi ada pula yang memiliki warna antara putih hingga kuning tua tergantung pada susu hewan yang digunakan. 

Dari segi kandungan gizi, mentega memiliki lemak jenuh dan kandungan kolesterol yang lebih tinggi karena terbuat dari lemak hewani. Aroma mentega harum khas susu dan menggugah selera dan rasanya gurih. Mentega untuk membuat kue akan terasa lebih lembut dan enak, mentega  biasanya sering diolah untuk bahan kue seperti cake dan kue kering.

MARGARIN

Margarin adalah produk non-dairy yang dibuat sebagai pengganti mentega. Margarin terbuat dari minyak sayur sehingga margarin tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh seperti pada mentega. Namun, margarin mengandung asam lemak trans walaupun sekarang  beberapa margarin telah menggunakan minyak sawit dan biji palem untuk mengurangi atau menghilangkan lemak trans

Margari

Jumlah lemak pada margarin tergantung dari perbandingan jumlah minyak, sayur dan air. Semakin rendah kandungan lemak pada margarin maka kandungan airnya lebih banyak. Margarin biasanya sering digunakan sebagai minyak olesan roti, bila margarin digunakan sebagai bahan olahan kue maka kue menjadi kurang lembut dan kurang renyah.

Margarin memiliki warna yang lebih kuning dan margarin lebih mudah disimpan di suhu ruangan karena memiliki titik leleh tinggi dibandingkan mentega. Meskipun margarin tak sewangi mentega tetapi margarin memiliki daya emulsi yang bagus. Daya emulsi yang bagus inilah membuat margarin dapat memberikan cita rasa yang gurih sebagai olesan pada roti.

Nah baking friends sekarang tahukan apa itu perbedaan dari mentega dan margarin? kalian  jangan sampai salah ya supaya hasil kue yang diolah jadi enak dan lezat.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants