Sering Tertukar, Tepung Roti dan Tepung Panir Berbeda Loh

Angelina Melisa Jumat, 30 July 2021
SHARE

Pecinta gorengan, pasti nggak asing nih dengan tepung roti dan tepung panir. Pernahkah kalian keliru menggunakan kedua jenis tepung ini sebagai pelapis olahan makanan yang di goreng?

Nah, tentunya kedua jenis tepung ini berbeda loh kegunaanya meskipun fungsinya sama-sama memberikan rasa gurih pada lapisan luar olahan makanan yang kalian buat.

Yuk disimak perbedaan dari tepung roti dan tepung panir dalam olahan makanan.

Tepung Roti

Tepung roti dibuat dengan bahan dasar roti yaitu mengambil bagian tengah roti segar tanpa kulit. Setelah diambil bagian tengahnya lalu dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil sampai menjadi tepung roti yang berwarna putih.

Tekstur pada tepung roti cenderung kasar dan ukuranya lebih besar sehingga bila digunakan akan menghasilkan makanan yang lebih renyah namun sangat menyerap banyak minyak. Tepung roti digunakan pada makanan yang teksturnya padat seperti ayam, seafood dan daging.

Tepung Panir

Tepung panir terbuat dari bahan dasar roti sama seperti tepung roti. Namun yang membedakannya adalah bagian yang digunakan dalam mengolah tepung panir yaitu bagian pinggiran roti yang dikeringkan dahulu kemudian dihancurkan hingga menjadi tepung panir yang berwarna cokelat kekuningan.

Tekstur tepung panir lebih halus dari pada tepung roti, bentuknya lebih kecil sehingga sangat cocok digunakan untuk melapisi makanan bertekstur lunak seperti kroket, risoles serta nugget karena makanan lunak lebih menempel pada tepung panir yang testurnya halus dan bentuknya kecil.

Apakah kalian sudah menggunakan tepung roti dan tepung panir dengan tepat? 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants