Mentega Vs Margarin, Mana yang Lebih Baik untuk Membuat Kue?

Angelina Melisa Senin, 18 October 2021
SHARE

Seringkali banyak yang keliru dengan penggunaan mentega dan margarin dalam pembuatan kue. Oleh sebab itu, di beberapa resep tertera jumlah penggunaan mentega atau margarin  yang dibutuhkan untuk membuat olahan kue tertentu.

Lantas, apa saja yang membedakan mentega dan margarin untuk membuat kue? Manakah yang lebih baik untuk membuat kue? Yuk baking friends, simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Bahan Dasar

Bahan dasar pembuatan mentega dan margarin berbeda, mentega merupakan produk olahan susu atau krim susu yang mengandung lemak hewani sedangkan margarin merupakan olahan yang terbuat dari lemak nabati.

Secara fisik, margarin memiliki warna kuning terang dan tidak mudah meleleh pada suhu ruang sedangkan mentega memiliki warna lebih pucat dan aroma seperti susu. Namun, mentega sangat lembut dan cepat meleleh pada suhu ruangan.

Perbedaan Kandungan Gizi

Bahan dasar pembuatan pada mentega dan margarin sangat berbeda sehingga kandungan gizinya pun berbeda. Mentega memiliki lemak jenuh sebanyak 8 gram dan kandungan kolesterol yang tinggi karena terbuat dari lemak hewani. Sementara margarin memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh sebanyak 5 gram.

Mentega Baik Digunakan untuk Kue Kering

Penggunaan mentega menghasilkan adonan yang kurang mengembang sehingga hasil kue  berbahan dasar mentega memiliki tekstur kering dan padat. Mentega sering digunakan untuk jenis kue kering seperti cookies, kue jahe, nastar dan kue kering lainnya.

Margarin Bagus Digunakan untuk Kue Basah

Kue dengan bahan dasar margarin akan menghasilkan kue yang mengembang sempurna serta memiliki tekstur yang lembut. Margarin biasanya digunakan untuk membuat aneka kue basah, kue bolu, kue sagu dan masih banyak lagi.

Kesimpulan Tentang Mentega Vs Margarin

Manakah yang lebih baik untuk membuat kue? Baik mentega dan margarin memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing dalam pembuatan kue. Mentega lebih sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jenis kue kering. Sementara bagi kamu yang menyukai tekstur kue lembut dan mengembang seperti kue basah maka margarin menjadi bahan utama untuk campuran adonan jenis kue basah. Jadi, baking friends bisa gunakan mentega atau margarin sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat atau ikuti penggunaan bahan sesuai yang tertera pada resep.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants