Mengenal Whipping Cream Nabati, Apa Saja Kelebihannya?

Angelina Melisa Kamis, 09 June 2022
SHARE

Whipping cream merupakan krim kocok yang terkenal akan fungsinya sebagai bahan dekorasi kue dan juga digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan.

Di pasaran, produk whipping cream dapat dtemukan dalam berbentuk cair dan bubuk. Berdasarkan bahan baku pembuatanya, whipping cream terbagi menjadi 2 jenis  yaitu dairy dan non-dairy. Cream dairy berasal dari lemak hewani, sedangkan non-dairy yang dikenal sebagai whipping cream nabati  berasal dari lemak tumbuh-tumbuhan.

Cari tahu lebih banyak perbedaan kedua jenis whipping cream tersebut di artikel ini, yuk!

Perbedaan bahan baku tersebut tentu saja akan mempengaruhi hasil akhir dari whipped cream, diantaranya yaitu penampilan, tekstur, kekuatan, dan kekokohan.

Whipping cream nabati mengandung lemak nabati yang tinggi sehingga memiliki beberapa kelebihan untuk menghasilkan krim kocok yang enak dan berkualitas. Whipping cream nabati biasanya sangat cocok digunakan untuk kebutuhan dekorasi kue hingga topping minuman.

Penasaran apa saja kelebihan whipping cream nabati? Yuk, simak 8 kelebihan whipping cream nabati berikut ini!

Memiliki Tektur yang Kokoh dan Kuat

Lemak nabati yang tinggi pada whipping cream dapat membuat hasil krim kocok lebih kokoh dan kuat. Tekstur whipped cream yang kokoh dan kuat tidak sensitif dan tidak mudah meleleh terhadap suhu ruangan, sehingga sangat cocok digunakan sebagai dekorasi kue.

Harganya Lebih Terjangkau dan Hemat

Komposisi lemak nabati membuat harga whipping cream non dairy dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan whipping cream dairy, sehingga kamu bisa mendapatkan whipped cream berkualitas dengan harga yang terjangkau dan hemat.

Lebih Mengembang

Saat pengocokan, whipping cream nabati akan lebih mudah dan cepat mengembang meskipun hanya menggunakan takaran yang sedikit, sehingga kamu tetap bisa mendapatkan hasil krim yang banyak untu berbagai hidangan.

Krim Tidak Mengalami Pemisahan atau Pecah

Whipping cream nabati menghasilkan krim dengan tekstur  yang halus dan merata. Saat proses pengocokan, krim tidak mengalami pemisahan atau pecah yang membuat hasil whipped cream kurang bagus.

Krim Dapat Dikocok Kembali

Berbeda dengan whipped cream dairy yang tidak dapat dikocok kembali, sisa whipped cream nabati dapat dikocok kembali dan masih bisa dipakai lagi di lain kesempatan. Sisa whipped cream nabati bisa di simpan di kulkas dalam wadah tertutup. Jika ingin menggunakannya kembali, kamu bisa mengocoknya dengan kecepatan pelan hingga sedang.

Hasil Akhir Berwarna Putih Mengkilap

Selain teksturnya yang kokoh, kuat dan mengembang, whipping cream nabati menghasilkan whipped cream berwarna putih mengkilap. Krim yang mengkilap membuat tampilan hidangan lebih mewah, sehingga sangat cocok sebagai hiasan untuk beragam hidangan seperti kue, dessert hingga minuman.

Rasanya Manis

Produk whipping cream nabati sering hadir denga rasa manis, sehingga tidak perlu menambahkan gula atau perasa lain. Meskipun begitu, ada juga beberapa produk yang rasanya tawar. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan selera, ya!

Dapat Dikonsumsi Oleh Orang yang Alergi Daging dan Susu

Bagi orang yang menjalani gaya hidup vegan atau memiliki lactose intoleran, whipping cream nabati dapat menjadi alternatif bagi mereka untuk bisa menikmati krim tanpa perlu khawatir. Produk whipping cream nabati terbuat dari lemak nabati yang bebas dari kandungan susu hewani atau lemak hewani.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants