Mengenal Tepung Teng Mien dan Kegunaannya

Angelina Melisa Senin, 02 August 2021
SHARE

Kali ini mimin akan membahas seputar tepung teng mien, tahukah kalian apa itu tepung teng mien? Tepung teng mien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum, biasanya sering disebut juga tang mien, tang meen atau tang flour.

Teng mien merupakan hasil endapan pati tepung gandum yang sudah dihilangkan kadar glutennya. Jadi, teng mien termasuk dalam jenis tepung gluten free, teng mien memiliki warna yang lebih putih dengan tekstur yang lebih halus dari tepung terigu. 

Kegunaan Teng Mien

Teng mien digunakan sebagai bahan untuk membuat sajian kulit hakau, dimsum, dumpling dan bakpau. Tepung teng mien membuat hasil kulit hakau atau dimsum menjadi bening transparan, bertekstur lembut, lentur dan halus. 

Teng mien juga dapat dijadikan sebagai pengental pada masakan ataupun pembuatan saus dan puding. Namun, kemampuan teng mien tidak seperti maizena dalam mengentalkan makanan sehingga perlu menggunakan takaran yang lebih banyak. 

Tepung teng mien dapat digantikan dengan jenis tepung pengental lainnya seperti maizena ataupun tapioka tetapi hasil hidangan tentunya tidak akan sebaik seperti penggunaan tepung teng mien.

Yuk, ikuti terus update bakingworld.id untuk mendapatkan pengetahuan seputar baking dan pastry.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants