Mengenal Lebih Jauh Tentang Fungsi dan Penggunaan Baking Powder

Angelina Melisa Kamis, 28 October 2021
SHARE

Baking friends pasti sudah nggak asing dengan baking powder. Dalam pembuatan kue, baking powder sangat wajib digunakan karena fungsi utamanya sebagai bahan pengembang kue dan roti. Penggunaan baking powder pada adonan dapat membuat kue terasa lebih empuk dan semakin lezat.

Tahukah kamu? Ada 2 jenis baking powder di pasaran loh. Yuk, simak penjelasan mengenai kedua jenis baking powder tersebut di bawah ini!

Double Acting

Baking powder double acting merupakan baking powder paling umum yang selalu tersedia di supermarket.  Biasanya baking powder double acting yang dijual di pasaran atau supermarket menggunakan campuran natrium bikarbonat (baking soda), SAS (natrium aluminium sulfat) dan MCP (monocalcium phosphate).

Baking powder double acting direkomendasikan dalam pembuatan kue rumahan, hal ini dikarenakan baking powder double acting lebih mudah mengembang saat proses pemanggangan kue. Proses mengaktifkan jenis double acting melalui dua tahap yaitu saat dicampurkan dalam adonan dan selama pemanggangan dalam suhu panas, double acting akan memproduksi gelembung saat dicampurkan dalam adonan. Jenis double acting akan tetap aktif dalam suhu ruangan sehingga kamu tak perlu kuatir saat mendiamkan adonan, lupa memanaskan oven atau membuat banyak kue karena double acting tidak akan mati dan tetap mengembang.

Single Acting

Single acting umumnya memiliki fungsi yang sama dengan double acting yaitu menghasilkan karbondioksida berbentuk gelembung-gelembung dalam adonan sehingga kue bisa mengembang saat di panggang atau di kukus. Perbedaan kedua jenis baking powder ini terletak pada komposisinya, single acting akan bereaksi atau aktif dengan campuran zat cair seperti air, susu, atau lelehan cokelat.

Single acting akan mulai memproduksi gelembung saat proses pengadukan adonan. Single acting cepat mati dalam suhu ruangan sehingga produksi gelembung ini tidak berlangsung lama. Oleh sebab itu, pembuatan adonan menggunakan single acting harus dengan cepat di panggang dalam oven agar single acting tetap aktif. Biasanya jenis single acting merupakan baking powder yang hanya digunakan oleh chef pastry profesional saja. Namun, kamu tak perlu kuatir karena penggunaan single acting dapat digantikan dengan double acting dengan takaran yang sama.

Fungsi dan Penggunaan Baking Powder

Fungsi Baking Powder

Umumnya, fungsi baking powder berperan sebagai bahan yang dapat membentuk  kue menjadi mengembang sempurna dengan tekstur yang lembut dan halus. Kegunaan baking powder biasanya sebagai bahan pengembang dalam resep yang tidak menggunakan bahan asam seperti air lemon, buttermilk, yoghurt ataupun cuka.  

Penggunaan Baking Powder       

Penggunaan baking powder harus dicampur dulu dengan tepung terigu dan bahan kering lainnya. Jadi, sebelum ditambah dengan bahan cairan sebaiknya baking powder sudah dicampur dengan bahan-bahan kering terlebih dahulu lalu kemudian dicampurkan dengan cairan. Selain itu, kemasan baking powder yang sudah dibuka dan telah disimpan selama lebih dari 6 bulan maka sebaiknya tidak digunakan lagi karena fungsinya sebagai pengembang sudah berkurang.

Nah, sekarang sudah paham kan tentang baking powder? Semoga artikel ini dapat membantu baking friends bisa membuat kue yang mengembang, empuk dan lembut seperti yang diinginkan.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants