Mengenal Lebih Dekat Tentang Meses

Angelina Melisa Senin, 06 September 2021
SHARE

Sudah tidak asing lagi dengan meses yang sangat akrab di lidah orang Indonesia, butiran cokelat yang manis ini selalu jadi pendamping sebagai topping untuk kue, roti tawar, roti bakar bahkan es krim.

Sudah tahukah kalian sejarah meses di Indonesia?

Meses pertama kali diperkenalkan orang Belanda di Indonesia, di Belanda meses disebut sebagai hagelslag. Ada beberapa versi mengapa hagelslag disebut meises atau meses oleh pribumi Indonesia pada masa Belanda.

Versi pertama, pada awalnya pribumi Indonesia sering melihat para noni kecil Belanda memakan hagelslag. Para noni Belanda ini biasanya dipanggil dengan sebutan ‘meisje’ sehingga saat itu hagelslag  pun dikenal dengan makanan yang dimakan oleh para ‘meisje’. Pada masa itu, orang Indonesia sulit melafalkan kata hagelslag maka mereka menyebut makanan tersebut dengan sebutan meisje dalam ejaan bahasa Indonesia yaitu meises atau meses atau mises.

Versi lainnya, ada teori yang mengatakan bahwa butiran cokelat manis ini memang disebut meises oleh orang Belanda. Pada versi ini mengatakan bahwa sebelumnya masyarakat Belanda juga mengenal produk olahan serupa seperti hagelslag yang dikenal dengan sebutan muisjes.

Muisjes merupakan butiran manis yang dibuat bukan dari cokelat melainkan dari biji adas manis yang dibalut dengan gula dan pewarna. Jadi, berdasarkan kedua versi ini dapat disimpulkan bahwa pada masa Belanda ada 2 bentuk meses yang dikenal yaitu hagelslag dan muisjes dengan bahan yang berbeda.

Muisjes dihidangkan sebagai sajian untuk perayaan bayi yang baru lahir, masyarakat tradisional Belanda menghidangkan muisjes berwarna biru untuk bayi laki-laki dan muisjes berwarna pink untuk bayi perempuan. Berbeda dengan kelahiran bayi dari anggota kerajaan, muisjes yang disajikan untuk kelahiran bayi kerajaan adalah muisjes berwarna oranye.  

Orang Belanda pula yang mengenalkan tradisi makan hagelslag dan muisjes dengan roti tawar yang dipanggang atau tidak dipanggang hingga sekarang meses tetap masih dinikmati sebagai pelengkap roti tawar ataupun topping untuk beragam dessert.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants