Mengenal Lebih Dekat Tentang Buttermilk, Yuk!

Angelina Melisa Rabu, 16 February 2022
SHARE

Apakah kamu sudah pernah membuat kue dengan buttermilk? Buttermilk sering digunakan untuk membuat adonan pancake, cake, muffin dan cupcakes. Penggunaan buttermilk dalam adonan dapat memperkaya rasa kue menjadi istimewa.

Lalu apa itu buttermilk dan bagaimana proses pembuatannya? 

Buttermilk adalah cairan yang tersisa dari proses pembuatan mentega. Dahulu proses pembuatan mentega dengan mengocok krim kental (lapisan paling atas dari susu segar), sehingga buttermilk memiliki rasa asam karena krim yang digunakan untuk membuat mentega sebelumnya harus melalui proses fermentasi susu. 

Proses fermentasi susu memanfaatkan bakteri tertentu, sehingga dapat mengubah susu menjadi asam laktat. Setelah proses krim atau susu diolah menjadi mentega, terdapat sisa cairan kental dengan rasa asam dan lezat yang disebut buttermilk.

Kini Industri modern membuat buttermilk dalam bentuk cair dan bubuk.  Kini hampir semuar krim dan susu telah dipasteurisasi dengan suhu tinggi sehingga membunuh seluruh bakteri pada susu. Oleh karena itu, Proses pembuatan buttermilk dibuat dengan menyuntikkan enzim ke dalam susu rendah lemak dan menguatkannya dengan garam dan bahan pengental seperti karagenan (zat aditif pengental yang diekstraksi dari rumput laut merah). 

Cara Membuat Buttermilk Alami 

Jika kamu tidak ingin menggunakan buttermilk buatan, kamu bisa membuat buttermilk sendiri di rumah. Bahan yang digunakan hanya susu rendah lemak dan lemon atau cuka, cara membuatnya yaitu menambahkan 1 sdm cuka atau perasan lemon ke dalam 1 cangkir (250 ml) susu rendah lemak. 

Setelah mencampurkan semua bahan tersebut, diamkan kurang lebih selama 5-10 menit. Buttermilk alami buatan rumah pun siap digunakan.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants