Mengenal Agar-Agar, Cemilan Sehat untuk Pencernaan

Angelina Melisa Selasa, 04 January 2022
SHARE

Agar-agar menjadi camilan enak dan sehat untuk membantu melancarkan pencernaan sehingga dapat menjaga kesehatan usus. Kini ada banyak pilihan rasa agar-agar yang lezat, agar-agar mengandung kaya akan serat sehingga dapat membuat kenyang lebih lama dan bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

Agar-agar diolah dari rumput laut atau alga, jenis rumput laut yang digunakan untuk olahan agar-agar adalah Eucheuma Spinosum. Sejak dulu, agar-agar menjadi produk olahan yang digunakan orang asia sebagai pelancar pencernaan.(manfaat Agar-agar)

Agar-agar memiliki sifat yang sama seperti gelatin, teksturnya kenyal dan padatan lunak dengan banyak pori-pori di dalamnya. Pada abad ke-17, agar-agar pertama kali diproduksi di Cina. Pada tahun 1919, dikembangkan dalam skala industri agar-agar dibuat di California, kemudian disusul dengan Jepang yang hingga kini dikenal sebagai produsen agar-agar utama di dunia.

Pada sekitar tahun 1900-an, orang Jepang memakai agar-agar sebagai bahan makanan, teksturnya yang kenyal dan lunak sangat cocok digunakan untuk mengentalkan sup dan tambahan anmitsu (es krim).

Bentuknya yang kenyal seperti jelly membuat orang Jepang menyebut agar-agar dengan sebutan Kanten. Sementara orang melayu menyebutnya agar-agar yang artinya juga jelly. Selain sebagai bahan makanan, agar-agar sering digunakan sebagai pelengkap permen, es krim dan kue.

Selain rasanya yang enak, agar-agar termasuk makanan sehat karena mengandung serat lunak yang tinggi dan rendah kalori. Kandungan tinggi serat pada agar-agar sangat baik untuk tubuh melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan pada usus sehingga dapat menjaga kesehatan usus dan mencegah timbulnya penyakit pada usus.

Jadi, agar-agar bisa menjadi alternatif cemilan sehat selain konsumsi buah-buahan dan sayuran. Yuk, ganti cemilan nggak sehat dengan agar-agar yang dapat kamu kreasikan tapi tetap menjaga kandungan gula yang tidak berlebihan ya!

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants