Mengenal 5 Jenis Bahan Dekorasi Cake

Senin, 13 September 2021
SHARE

Siapa sih yang nggak asing dengan cake? Cake merupakan kue manis yang sering dijadikan hidangan spesial untuk orang yang disayang atau acara istimewa seperti hari raya besar, pernikahan dan perayaan ulang tahun. 

Hidangan yang istimewa untuk perayaan besar, tentunya harus memiliki tampilan yang menarik, cantik, lucu dan unik. Dengan membuat dekorasi atau hiasan pada cake maka cake yang biasa saja dapat menjadi cake yang sangat cantik. 

Sebelum membuat dekorasi cake, yuk kenali 5 jenis bahan yang digunakan untuk membuat dekorasi cake berikut ini!

Butter Cream

Butter cream merupakan bahan yang sering digunakan sebagai bahan dekorasi cake loh. Butter cream adalah krim yang dibuat dari campuran susu, gula dan mentega yang dicampur dan dikocok hingga lembut. Biasanya butter cream digunakan untuk menghias wedding cake, rainbow cake, cup cakes, dan masih banyak lagi.

Teknik pembuatan butter cream ada dua cara yaitu tanpa dimasak dan dimasak. Butter cream tanpa dimasak menggunakan gula halus yang tidak melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Sedangkan butter cream yang dimasak menggunakan gula yang diproses pengolahan terlebih dahulu yaitu dengan cara memasak gula pasir dengan air mendidih hingga membentuk gula yang kental.

Fondant atau Plastic Icing

Fondant sering disebut plastic icing merupakan bahan yang elastis sehingga sangat dibentuk sesuai dengan keinginan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat fondant antara lain gula, air, glucose, gelatin, dan gliserin. Biasanya fondant ditambahkan gum supaya adonanya menjadi lebih kokoh. Fondant digunakan untuk melapisi cake, selain itu dapat digunakan untuk membentuk ornament pada kue seperti pita, bunga, figure, renda, dan sebagainya.

Gum Paste

Gum paste adalah olesan yang tekstur adonannya hampir mirip dengan fondant, bedanya jika didiamkan gum paste akan cepat mengeras. Gum paste hanya digunakan untuk membuat ornament pada kue, bukan untuk pelapis kue.

Royal Icing

Royal icing adalah lapisan gula putih murni yang mongering dengan halus dan bertekstur keras pada akhirnya. Royal icing menjadi bahan favorit karena memiliki warna yang cantik, royal icing dapat digunakan untuk hiasan cake dan kue kering misalnya hiasan seperti huruf, renda dan bunga. 

Ada 2 teknik untuk membuat royal icing yaitu putih telur atau dengan menggunakan meringue powder. Teknik yang menggunakan putih telur dengan cara mengocok putih telur hingga kaku dan ditambahkan gula halus kemudian dikocok dengan kecepatan rendah menggunakan mixer elektrik atau hand mixer. Terakhir masukan perasan air lemon dan kocok kembali hingga rata, jika sudah selesai proses pengocokan maka sebaiknya segera masukan ke dalam wadah kedap udara.

Cokelat

Cokelat menjadi salah satu rasa yang paling populer di dunia. Olesan cokelat sebagai dekorasi cake biasanya disebut dengan cokelat moedeling yang dibuat dari beberapa bahan misalnya cokelat, tepung maizena dan cairan glucose. Prinsipnya adonan cokelat ini hamper sama dengan fondant, namun bahan utama yang digunakan terbuat dari cokelat.

Nah, kini kalian sudah tahu jenis-jenis bahan yang digunakan untuk dekorasi atau hiasan cake. Bahan dekorasi cake manakah yang kalian sukai?

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants