Mengenal 3 Jenis Susu dan Fungsinya dalam Baking

Angelina Melisa Senin, 26 July 2021
SHARE

Susu menjadi salah satu produk yang sangat akrab di kehidupan sehari-hari, susu memiliki peranan penting yang diperlukan dalam pembuatan kue dan berbagai dessert manis.

Susu memiliki berbagai fungsi karena susu merupakan emulsi yang mengandung lemak dan protein. Selain memberikan rasa gurih dan lembut dalam pembuatan kue, susu dapat membuat adonan bisa mengembang, kuat dan tahan dipanggang. 

Dalam keperluan membuat kue terdapat 3 jenis susu yaitu susu cair, susu bubuk dan susu kental manis. Yuk simak penjelasan mengenai 3 jenis susu berikut ini:

Susu Cair

Susu cair atau yang biasa dikenal sebagai susu murni sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Susu cair memiliki peran penting memberikan kelembapan, kelembutan tekstur dan penambah aroma dan rasa khas susu pada kue.

Terdapat 3 jenis susu cair yaitu UHT, pasteurisasi dan susu segar/freshmilk. Biasanya dalam pembuatan kue kalian bisa langsung menggunakan susu UHT atau pasteurisasi karena kedua jenis susu tersebut sudah siap digunakan.

Susu Bubuk

Selain susu cair, biasanya dalam beberapa resep ada yang meminta gunakan susu bubuk dalam bahan adonan. Nah, peran protein dalam susu bubuk akan membantu mencokelatkan kue saat di panggang serta dapat berperan dalam pengembangan gluten pada adonan dan lemak pada susu bubuk akan melembutkan adonan.

 

Pada umumnya susu cair ataupun susu bubuk mengandung protein yang bereaksi dengan ragi sehingga bisa membuat adonan mengembang atau gagal mengembang bila suhu pamanasan susu kurang tepat. Penggunaan susu bubuk yang sudah dicairkan dengan cara dipanaskan terlebih dahulu membuat potensi gagal mengembang bisa dikurangi.

Susu Kental Manis

Susu kental sempat menjadi perdebatan karena bukan masuk dalam kategori susu. Susu kental manis memang berbeda dengan susu cair dan susu bubuk karena teksturnya yang kental dan proses penambahan gula dengan kadar yang cukup tinggi hingga mengental.

Susu kental manis hanya tidak digunakan sebagai susu yang diminum melainkan fungsinya digunakan sebagai bahan pelengkap dalam berbagai aneka dessert seperti topping martabak, es campur, puding dan lain-lain

Dalam pembuatan kue, roti dan dessert penting banget bagi baking friends untuk memperhatikan rasio atau jumlah penggunaan susu dan jenis susu yang akan digunakan dalam  mengolah adonannya supaya hasil kue yang diinginkan berhasil dan nikmat untuk disajikan.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants