Kuning Telur Vs Putih Telur, Ini Perbedaan Fungsinya Dalam Adonan Kue

Angelina Melisa Jumat, 30 July 2021
SHARE

Baking friends pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan telur pada resep adonan kue. Fungsi telur sangat mempengaruhi hasil akhir dari bentuk dan rasa kue yang telah dibuat.

Nah, penting sekali untuk memperhatikan komposisi penggunaan telur yang tercantum pada resep. Kalian pasti pernah menemukan resep kue yang memisahkan antara kuning telur dan putih telur.

Mengapa harus dipisah ya? Yuk simak perbedaan fungsi kuning telur dan putih telur dalam adonan!

Putih Telur

Apa sih fungsinya putih telur dalam adonan kue? Hasil pengocokan putih telur dalam adonan kue akan memberikan volume pada kue dan membentuk struktur busa yang lembut, putih telur juga berperan sebagai pengembang kue. Penggunaan putih telur pada adonan kue akan menghasilkan kue dengan tekstur yang ringan seperti kapas.

Kuning Telur

Kuning telur memiliki fungsi yang berbeda dengan putih telur, kuning telur mengandung banyak lemak sehingga kuning telur berfungsi sebagai pengemulsi adonan yang alami. Nah, peran fungsinya sebagai emulsi dapat membuat adonan kue lebih cepat menyatu, mengental dan mengikat. Penggunaan kuning telur menghasilkan kue dengan rasa yang gurih, teksturnya lembut dan mengembang.

Jadi, baking friends sudah pahamkan pentingnya mengikuti bahan-bahan pada resep dengan tepat terutama pemisahan putih telur dan kuning telur. 

Semoga bermanfaat ya, ikuti terus update artikel bakingworld.id untuk mendapatkan pengetahuan seputar baking dan pastry.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants