Ketahuilah Perbedaan Essence dan Pasta Dalam Pembuatan Kue

Angelina Melisa Rabu, 01 September 2021
SHARE

Apakah kalian sering keliru membedakan antara essence dan pasta? Essence dan pasta merupakan bahan opsional yang sering digunakan dalam pembuatan kue, kedua bahan tersebut memiliki fungsinya masing-masing dalam baking.

Apa saja yang membedakan antara essence dan pasta? Yuk, ketahui lebih dekat mengenai keduanya.

Dari Cara Pembuatannya

Dari cara pembuatan kedua bahan ini sangat berbeda, essence terbuat dari aroma bahan-bahan makanan sedangkan pasta terbuat dari ekstrak bahan makanan. Perbedaan cara pembuatan antara essence dan pasta akan mempengaruhi hasil akhir adonan kue.

Warna yang Dihasilkan

Pembuatan essence hanya dari aroma bahan-bahan makanan sehingga produk ini tidak memiliki warna, beberapa essence ada yang berwarna tetapi tidak pekat. Jadi, penggunaan essence pada adonan kue tidak berpengaruh pada warna kue yang kalian buat.

Pasta dibuat dari ekstrak bahan makanan sehingga warnanya lebih pekat seperti warna bahan makanan aslinya, seperti pasta pandan yang berwarna hijau. Jadi, pasta bisa memberikan warna pada kue yang kalian buat.

Rasa

Essence hanya memberikan aroma pada kue sehingga tidak mempengaruhi rasa pada adonan kue. Jika dicicipi, essence terasa hambar tapi penggunaan essence yang berlebihan akan membuat rasa adonan kue menjadi pahit.

Pasta memiliki rasa dan aroma yang persis seperti ekstrak bahan makananya, seperti pasta cokelat yang memberikan rasa persis seperti cokelat dalam adonan kue dan begitu pula dengan pasta moka, durian, Nangka dan lain-lain.

Bentuk

Keduanya tampak sama karena essence dan pasta berbentuk cairan. Namun, keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Essence memiliki tekstur yang lebih encer dan menyerupai air putih biasa sedangkan pasta teksturnya lebih kental dan pekat.

Takaran

Setelah mengetahui perbedaan cara pembuatan, bentuk, rasa dan warna pada essence dan pasta. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan kedua bahan ini memiliki fungsinya masing-masing sehingga takaran penggunaannya juga berbeda. 

Takaran essence cenderung sedikit hanya membutuhkan satu sendok teh untuk setiap 1 Kg adonan. Sebaliknya, takaran pasta cenderung lebih banyak dari essence untuk memberikan rasa dan warna pada adonan kue.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants