Ketahuilah Fungsi Ragi Dalam Pembuatan Roti Berikut Ini

Angelina Melisa Rabu, 03 November 2021
SHARE

Baking friends yang hobi baking, kamu pastinya sudah nggak asing lagi dengan penggunaan ragi dalam pembuatan roti. Ragi merupakan bahan baku wajib yang memiliki beragam jenis serta berperan penting dalam pembuatan roti, menggunakan ragi pada adonan dapat menghasilkan roti yang tidak bantat dan rasanya enak.

Tahukah kamu? Penggunaan ragi pada adonan roti nggak hanya membuat tekstur kue jadi lebih nikmat saja, loh!. Yuk, ketahui apa saja fungsi ragi dalam pembuatan roti berikut ini.

Membantu Dalam Mengembangkan Adonan

Penggunaan ragi pada adonan dapat membuat adonan roti mengembang saat proses pemanggangan. Karbondioksida pada ragi yang tercampur dalam adonan membuat adonan naik sehingga roti berhasil matang sempurna, mengembang dan bentuknya menjadi lebih besar.

Memperkuat Tekstur Adonan Roti

Adonan roti membentuk adonan dengan tekstur elastis karena mengandung gluten yang berasal dari tepung terigu. Dalam pembuatan roti, ragi berfungsi sebagai pengikat gluten serta memperkuat adonan saat proses mengembangkan adonan menjadi lebih besar dari bentuk semula.

Mematangkan Adonan Roti

Ragi yang dicampur pada adonan akan menghasilkan alkohol dan asam protein, serta karbondioksida yang dihasilkan saat proses fermentasi dapat merenggangkan kandungan protein pada tepung terigu. Proses fermentasi inilah yang akan membuat rongga udara pada adonan sehingga hasilnya roti yang matang menjadi lebih lembut.

Memberikan Rasa Khas Pada Roti

Dalam proses fermentasi, ragi memproduksi metabolit sekunder diantaranya keton, alkohol tinggi, asam organik, aldehida, dan ester. Selama proses pemanggangan akan terjadi penguapan yang berasal dari beberapa kandungan alkohol, sisa kandungan lainnya akan bereaksi satu sama lain sehingga menghasilkan kerak roti dan rasa yang khas pada remah roti.

Nah, sudah tahukan pentingnya fungsi-fungsi ragi dalam pembuatan roti? Yuk, baking friends ikuti terus update artikel Media Bakingworld.id dan dapatkan pengetahuan seputar bahan kue.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants