Ketahui Perbedaan Bahan Menghias Kue Berikut Ini

Angelina Melisa Kamis, 09 December 2021
SHARE

Bagi kamu yang hobi membuat dekorasi kue, pasti sudah tidak asing lagi dengan ketiga bahan ini yaitu fondant, icing dan frosting. Ketiga bahan dekorasi kue ini sangat populer digunakan sebagai pelapis dan menghias kue.

Meskipun ketiganya memiliki rasa yang manis  tetapi masing-masing bahan ini memiliki perbedaan karakteristik dan fungsinya. Nah, mengapa berbeda ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Fondant

Fondant memiliki 2 jenis yaitu fondant tuang dan fondant gulung. Kedua jenis fondant tersebut dibuat dari bahan baku yang berbeda.

Fondant tuang terdiri dari bahan baku berupa gula, shortening, dan air. Terkadang dalam resepnya dicampurkan pula sirup jagung untuk memberikan kesan mengkilap dan fondant bisa mengeras saat ditaburkan di atas kue.

Fondant gulung mengandung tambahan gelatin sehingga adonan fondant memadat hampir mirip seperti adonan roti. Fondant gulung atau rolled fondant sangat cocok digunakan untuk melapisi kue, teksturnya kaku sehingga mudah untuk membentuk aneka karakter yang diinginkan.

Icing

Icing memiliki karakteristik seperti cairan agak kental yang berkilau, biasanya icing diartikan sebagai lapisan gula. Icing yang dituangkan akan mengalir perlahan di atas permukaan kue, kemudian akan mengeras saat kering. Biasanya, icing digunakan sebagai hiasan di atas kue kering, donat hingga cinnamon roll.

Icing dapat dibuat dengan mencampurkan bahan dasar cair seperti air atau susu, kamu juga bisa menambahkan keju krim lunak, telur atau mentega cair. Selanjutnya bahan cair tersebut ditambahkan gula bubuk, kamu bisa memberikan pewarna makanan pada icing untuk mempercantik penampilan.

Frosting

Frosting lebih pulen dan lebih tebal daripada icing dan fondant lainnya, frosting memiliki tekstur yang kaku setelah mengering dan warnanya buram. Biasanya frosting dinamai dengan frosting krim mentega karena dalam resep frosting sering ditambahkan mentega. Tujuan penambahan mentega untuk memperkaya rasa pada frosting, kamu juga bisa menambahkan krim keju atau krim kental.

Selain mentega, gula juga ditambahkan dalam frosting agar nanti hasil terkstunya lembut tetapi lebih keras dan kokoh daripada icing. Frosting dapat diaplikasikan sebagai alas lapisan kue dan krim cupcake.

Nah, begitulah perbedaan fondant, icing dan frosting yang wajib kamu ketahui sebelum menghias kue. Yuk, dapatkan update seputar baking dan pastry setiap hari dari Media.Bakingworld.id

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants