Ketahui Jenis Tepung Terigu yang Tepat untuk Kue Kering

Angelina Melisa Senin, 10 January 2022
SHARE

Ada banyak jenis tepung terigu yang dijual di pasaran. Mengapa ada begitu banyak jenis tepung terigu?

Nah, jenis-jenis tepung terigu memiliki kegunaan tersendiri saat membuat makanan tertentu. Lalu jenis tepung terigu apa yang cocok untuk membuat kue kering?

Secara umum, ada tiga jenis tepung terigu yang dibagi berdasarkan kandungan protein di dalamnya. Yuk, simak lebih lanjut untuk mengetahui penggunaan tepung terigu dalam pembuatan kue!

3 Jenis Tepung Terigu

Tepung Terigu Protein Tinggi

Jenis tepung terigu protein tinggi mengandung protein sekitar 11-13%. Tepung terigu jenis ini memproduksi banyak gluten serta memiliki penyerapan air yang tinggi, elastis dan mudah digiling.

Tepung terigu protein tinggi cocok digunakan untuk membuat donat, kue susu, roti manis, roti tawar, martabak, roti goreng, mie  instan, mie basah, mie kering. Contoh merek produk yaitu Cakra Kembar.

Tepung Terigu Protein Sedang (Tepung Serbaguna)

Tepung terigu protein sedang atau sering disebut sebagai tepung serbaguna memiliki kandungan protein sekitar 8-10%. Tepung terigu protein sedang menjadi tepung serbaguna yang dapat digunakan pada hampir setiap olahan kue.

Tepung terigu protein sedang sangat cocok untuk membuat bolu, cake pisang, martabak manis, waffle, donat, bakpia, puff pastry, muffin dan sebagainya. Contoh merek produk yaitu Segitiga Biru.

Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah mengandung protein sekitar 6-8%, biasanya jenis tepung terigu protein rendah digunakan pada olahan kue yang tidak mengutamakan volume dan kekenyalan. Ciri-ciri jenis tepung terigu protein rendah adalah daya serap air dan gula yang rendah, serta memiliki kandungan gluten yang rendah sehingga hasil adonan tidak lunak dan sulit diuleni.

Tepung terigu protein rendah sangat cocok digunakan untuk membuat kue kering, biskuit, crackers dan lain-lain. Contoh merek produk yaitu Kunci Biru.

Tepung Terigu untuk Membuat Kue Kering

Dari ketiga jenis tepung terigu diatas, tepung terigu protein rendah adalah jenis tepung terigu yang paling baik digunakan untuk membuat kue kering. Semakin rendah kadar gluten maka daya serap airnya semakin rendah sehingga menghasilkan  tekstur yang renyah.

Jika kamu tidak mempunyai tepung terigu protein kering, kamu bisa menggunakan tepung terigu protein sedang sebagai alternatif penggantinya. Hasil kue kering  yang menggunakan tepung terigu sedang ataupun rendah, hampir tampak tidak ada perbedaan visual. Bedanya, hasil kue kering dengan tepung protein rendah memiliki tekstur yang padat saat dikonsumsi.

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants