Ketahui Berbagai Jenis Plastik Kemasan Berikut Ini

Angelina Melisa Rabu, 29 December 2021
SHARE

Plastik memiliki beragam jenis, pada setiap jenis plastik memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis plastik lainnya. Beberapa diantaranya terdapat jenis plastik yang bisa digunakan berulang kali, namun ada pula jenis plastik yang beresiko pada kesehatan dan pencemaran lingkungan bila penggunaannya kurang tepat.

Jenis plastik yang digunakan sebagai kemasan dapat kamu ketahui dengan melihat nomor atau keterangan jenis plastik di bagian bawah produk plastik. Yuk, ketahui lebih lanjut keterangan jenis plastik tersebut berikut ini!

Polyethylene Terephthalate (PET atau PETE)

Plastik jenis PET dikenal sebagai fiber anti kerut, biasanya plastik PET digunakan sebagai kemasan  makan dan minuman karena kemampuannya menjaga makanan tetap kedap udara dan memastikan gas karbon dioksida dalam minuman berkarbonasi.

PET merupakan bahan plastik yang banyak di daur ulang, namun PET mengandung antimony trioxide yang dianggap karsinogen (dapat memicu kanker). Semakin lama bahan cairan atau makanan didalam kemasan plastik PET maka potensi mengaktifkan antimony semakin besar.

High Density Polyethylene (HDPE)

Plastik HDPE merupakan jenis plastik yang cukup padat, kuat, dan lebih tebal jikad dibandingkan dengan plastic tipe lainnya. Biasanya plastic HDPE digunakan sebagai kantong belanja, karton susu, botol jus, botol shampoo dan botol kemasan obat.

HDPE mudah didaur ulang dan relatif lebih stabil dari PET sehingga jenis plastic HDPE dianggap lebih aman digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman. Namun, beberapa studi menunjukan bahwa HDPE yang terekspos sinar UV dalam waktu yang lama akan menghasilkan zat kimia serupa estrogen yang dapat merusak sistem hormon manusia.

Polyvinyl Chloride (PVC)

Plastik jenis PVC merupakan bahan plastik kedua yang paling banyak dipakai di dunia (setelah polyethylene). Biasanya PVC digunakan sebagai bahan dasar produk mainan anak, pembungkus plastik, botol detergen, binder, kantong darah dan perlengkapan medis.

Low Density Polyethylene (LDPE)

Plastik jenis LDPE merupakan plastic yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, biasanya LDPE digunakan sebagai bahan produk tas (belanja, laudry, roti, makanan beku, koran, sampah), pembungkus plastik, pelapis karton susu dan gelas minuman, tempat penyimpanan makanan dan tutup kemasan. Selain itu, LDPE juga digunakan untuk pelapis kabel dan kawat. LDPE cukup aman digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman, namun LDPE merupakan jenis plastik yang susah di daur ulang.

Polypropylene (PP)

Jenis plastic PP merupakan jenis plastik yang kaku dan lebih tahan panas, biasanya plastik ini digunakan sebagai wadah penyimpan makanan panas atau botol minuman yang dapat dipakai berulang-ulang. PP adalah jenis plastik terbaik yang aman digunakan sebagai kemasan makanan dan minuman. Sayangnya, jenis plastik ini tidak mudah didaur ulang.

Polystyrene (PS)

Jenis plastic PS adalah Styrofoam yang digunakan sebagai wadah kemasan makanan, mangkuk dan gelas sekali pakai, wadah karton penyimpan telur. Hindari membungkus makanan yang masih panas menggunakan plastic PS karena dapat mengeluarkan zat styrene yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Plastik 7 (Other)

Plastik 7 atau plastic other biasanya digunakan untuk botol minum bayi, galon minuman, botol minuman, botol susu bayi, botol kecap, pelapis gigi. Nomor 7 dikhususkan untuk semua plastik yang belum disebutkan serta plasti yang dikombinasi dengan plastik lainnya. Terdapat 4 jenis plastic yang tergolong plastik 7 (other) diantaranya Styrene acrylonitrile (SAN), Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), Polycarbonate (PC), Nylon. Plastik jenis PC mengandung BPA yang tidak dapat menimbulkan masalah kesehatan sehingga di beberapa negara telah melarang penggunaan PC.

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants