Ketahui Bahan Alternatif Pengganti Buttermilk Ala Rumahan

Angelina Melisa Rabu, 16 February 2022
SHARE

Bagi kamu yang gemar baking, pasti sudah nggak asing dengan buttermilk, ya. Buttermilk merupakan produk dairy yang teksturnya kental dan mengandung asam, biasanya buttermilk digunakan untuk melembutkan adonan serta menambah cita rasa kue.

Dalam adonan kue, buttermilk mengandung asam yang dapat mengaktifkan baking soda sehingga adonan dapat mengembang lebih sempurna. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat pancake, muffin, cake  dan sebagainya.

Di Indonesia, buttermilk sulit ditemukan dan harus ke supermarket besar yang menjual bahan-bahan import. Jika kamu tidak memiliki buttermilk di rumah, tidak perlu cemas Baking Friends.

Berikut 3 bahan alternatif pengganti buttermilk yang dapat kamu buat di rumah, simak yuk!

Lemon

Kamu dapat membuat buttermilk rumahan menggunakan bahan sederhana seperti lemon dan susu cair full cream atau whole milk. Cara membuatnya yaitu gunakan perbandingan 1:1 yakni 1 cup susu (240 ml) untuk 1 sdm air perasan lemon, campurkan kedua bahan dalam satu wadah, lalu aduk hingga merata. Diamkan selama 5-10 menit dalam suhu ruangan hingga teksturnya mengental. Buttermilk dengan perasan lemon siap digunakan.

Cream Of Tartar

Selain cairan asam dari perasan lemon, kamu juga bisa menggunakan bubuk asam seperti cream of tartar,  biasanya bahan ini digunakan untuk pengembang dan pelembut kue. Cara membuat buttermilk menggunakan cream of tartar yakni campurkan 1 ¾ sdt cream of tartar ke dalam 1 cup susu cair (240 ml), lalu aduk hingga merata dan diamkan selama 5-10 menit hingga teksturnya menjadi kental dan menggumpal.

Yogurt

Yogurt adalah produk dairy yang difermentasikan sehingga memiliki rasa asam, namun teksturnya lebih creamy jika dibandingkan dengan buttermilk. Jika kamu tidak memiliki bahan-bahan diatas, kamu dapat menggunakan yogurt sebagai bahan pengganti buttermilk.

Cara membuatnya yakni mencampurkan ¾ cup yogurt (190 gr) dengan ¼ air (180 ml), kemudian aduk secara merata hingga teksturnya agak mencair tapi tetap kental. Jika tidak mempunyai yogurt, kamu dapat memakai krim asam (sour cream).

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants