Ketahui 5 Bahan Utama untuk Membuat Pancake, yuk!

Angelina Melisa Selasa, 15 February 2022
SHARE

Apakah kamu gemar menikmati pancake? Menu sarapan khas Amerika dan Eropa ini disukai banyak orang. Selain rasanya yang enak dengan tekstur lembut nan legit, pancake sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan sederhana.

Penasaran apa saja bahan-bahan utama yang umumnya digunakan untuk membuat pancake? Dapatkan bahan berkualitas untuk membuat pancake di Store Bakingworld.id

Berikut ini 5 bahan utama yang digunakan untuk membuat pancake, simak yuk!

Tepung

Bahan yang pertama yaitu menggunakan tepung terigu jenis all purpose flour (tepung serbaguna). Tepung serbaguna memiliki kandungan gluten yang sedang sehingga dapat menghasilkan pancake yang bertekstur ringan, halus dan lembut. Selain tepung serbaguna, kamu bisa menggantinya dengan tepung jenis lain seperti whole wheat, tepung rye, buckwheat, tepung oat, cornmeal, wheat germ. Hindari membuat pancake dengan tepung self rising, karena mengandung baking powder dan garam yang sebenarnya sudah ada dalam resep pancake.

Bahan Pengembang

Penggunaan bahan pengembang seperti baking soda dan baking powder. Salah satu dari kedua bahan ini digunakan sebagai bahan pengembang adonan tapi tidak bisa saling menggantikan.

Dalam pembuatan pancake, baking soda digunakan untuk peragian sehingga dapat membuat adonan mengembang saat dimasak. Sementara, penggunaan baking powder pada adonan pancake akan menghasilkan pancake yang berpori-pori kecil

Telur

Telur digunakan sebagai bahan pelembut dan mengembangkan adonan pancake. Dengan memberikan telur pada adonan pancake akan membuat adonan tidak lengket dan mudah diangkat dari wajan. Pastikan kamu memilih telur yang segar dan berkualitas baik.

Susu

Penggunaan susu dalam adonan pancake berperan sebagai bahan cairan yang memberikan lemak, serta memberikan tambahan cita rasa gurih dan membuat tekstur pancake semakin lembut.

Bahan Tambahan

Untuk menambah cita rasa pancake, kamu dapat menggunakan bahan tambahan yang dapat dijadikan sebagai topping seperti buah-buahan, es krim, krim, madu, dan kacang-kacangan. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan bahan perasa seperti pasta pandan, cokelat bubuk, pasta strawberry dan lain-lain.  

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants