Kenali Jenis-Jenis Gula Sebelum Membuat Kue

Angelina Melisa Rabu, 09 June 2021
SHARE

Gula kok perlu dikenali sih? Perlu banget baking friends, gula memiliki peran yang penting selain dari memberikan rasa manis saja. Gula dapat mempengaruhi tekstur dan berperan dalam menstabilkan adonan hingga mempengaruhi rasa kue. 

Dalam sebagian besar adonan tidak semua jenis gula dapat digunakan dalam resep sehingga penting sekali untuk mengenal jenis-jenis gula. Mimin akan ajak kalian untuk membahas tentang gula berdasarkan golongan warnanya yaitu golongan gula berwarna putih dan coklat,  yuk simak di bawah ini!

1. GULA PASIR BERWARNA PUTIH

GULA PASIR

Gula yang satu ini memang menjadi gula serba bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam resep adonan kue. Jika kalian melihat di resep tertulis gula pasir kalian bisa memilih mau menggunakan gula pasir yang mana nih? Gula pasir yang berwarna putih bersih atau gula pasir berwarna kekuningan. gula pasir berwarna kekuningan memiliki rasa yang lebih manis daripada gula pasir berwarna putih. Jadi kalian bisa memilih sesuai selera kalian ya.

GULA HALUS BUBUK

Gula bubuk atau gula halus yang sering disebut juga icing sugar adalah gula pasir yang sudah melalui penyaringan dan ditambahkan 3% tepung jagung untuk mencegah penggumpalan. Gula halus digunakan untuk kue yang tidak memerlukan pengadukan dalam waktu lama.

Selain itu, gula halus sering digunakan sebagai taburan kue. Jenis gula halus yang satu ini dikenal gula tabur yang sudah ditambahkan rasa mint yang memberikan sensasi dingin seperti yang terdapat pada donat atau cookies putri salju.

GULA KASTOR

Apakah kalian pernah bingung membedakan gula kastor dengan gula halus? Pada dasarnya gula kastor juga termasuk dalam gula pasir yang dihaluskan tetapi bentuk gula kastor tidak sehalus gula bubuk dan tidak ada tambahan tepung jagung.  Meskipun gula kastor tampak halus tidak disarankan digunakan pada frosting, icing dan buttercream karena butiran gula kastor tidak cukup halus untuk pembuatan krim hiasan atau krim dekorasi kue seperti gula halus.

2. GULA PASIR BERWARNA COKLAT

GULA COKLAT

Gula yang sering disebut brown sugar ini pasti sering banget kalian jumpai biasanya kalau pesan kopi pasti ditanya barista mau white sugar atau brown sugar. Brown sugar adalah gula yang berubah warna menjadi coklat setelah ditambahkan molases. Dalam baking, brown sugar  ada 2 macam yaitu dark brown sugar dan light brown sugar. Tekstur brown sugar lembut dan lembab akan terasa seperti karamel, semakin gelap semakin kuat rasanya. 

GULA AREN

Gula aren juga sering ditemukan di kopi-kopi kekinian sama seperti brown sugar. Rasa karamel pada gula aren juga tidak jauh berbeda dengan brown sugar perbedaannya yaitu gula aren terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisional. 

GULA KELAPA

Gula kelapa sering dikenal dengan sebutan gula jawa adalah gula yang terbuat dari nira pohon kelapa. Gula kelapa termasuk golongan gula yang sehat dan mengandung banyak nutrisi karena terbuat murni dari nira kelapa tanpa tambahan pengawet lainnya. Gula kelapa biasanya sering digunakan sebagai isian dalam kue seperti kue koci kenyal isi gula kelapa, kue kembang gula kelapa dan kue tradisional lainnya yang menggunakan gula kelapa.

Setelah baking friends mengetahui jenis-jenis gula maka kalian dapat menentukan gula apa saja yang dapat digunakan dalam resep yang akan kalian recook.

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants