Jangan Salah! Ini Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Maizena

Angelina Melisa Rabu, 1 Hari yang lalu
SHARE

Bagi  kamu yang memiliki hobi membuat kue, pasti sudah nggak asing lagi dengan tepung tapioka dan tepung maizena. Kedua jenis  tepung ini kerap kali sering dianggap sama karena kedua jenis tepung ini selalu digunakan sebagai  bahan pengental suatu masakan.

Namun, tepung maizena dan tepung tapioka adalah dua jenis tepung yang berbeda serta tak sepenuhnya sama meskipun kegunaannya sama-sama sebagai bahan pengental. Nah, berikut ini penjelasan perbedaan tepung maizena dan tepung tapioka. Yuk, simak penjelasannya!

Perbedaan Dari Segi Bahan Baku

Tepung tapioka yang sering juga dikenal dengan sebutan tepung kanji adalah tepung yang terbuat dari sari pati singkong. Sari pati singkong diendapkan terlebih dahulu hingga beberapa hari sebelum melalui proses penggilingan.

Sedangkan tepung maizena adalah jenis tepung yang terbuat dari biji jagung yang diolah dan dihaluskan, sehingga tepung maizena  dikenal sebagai tepung jagung. Sebenarnya maizena bukanlah nama jenis tepung melainkan nama merk produk tepung jagung.

Perbedaan Tekstur dan Warna

Tepung tapioka memiliki warna putih seperti putih susu yang sesuai seperti warna singkong. Tepung tapioka dikategorikan sebagai jenis tepung paling putih dari banyak jenis tepung lainnya. Tepung tapioka memiliki tekstur yang padat dan licin. Tepung tapioka yang tercampur  dengan air akan mengental dan berubah warna menjadi bening.

Sementara tepung maizena memiliki warna yang kekuning-kuningan dan pucat sehingga  warna tepung maizena tampak cenderung lebih keruh dan agak pucat. Tepung maizena memiliki tekstur yang lebih kesat sehingga mudah dipegang oleh tangan.  

Perbedaan Fungsi 

Tepung Tapioka memiliki fungsi yang sering digunakan sebagai pengenyal adonan dalam pembuatan bakso, pempek, cilok, cimol dan jenis makanan lainnya yang memiliki tekstur kenyal.

Sedangkan fungsi tepung maizena lebih sering digunakan sebagai bahan pengental, sehingga tepung maizena sering dijadikan sebagai bahan campuran untuk mengentalkan aneka makanan seperti capcay, sup, teriyaki, fla dan sebagainya.

Nah, begitulah penjelasan mengenai perbedaan tepung maizena dan tepung tapioka. Semoga dapat artikel ini dapat membantu Baking Friends di rumah ya.

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants