Ini dia 3 Jenis Keju Berdasarkan Kepadatannya

Angelina Melisa Rabu, 04 August 2021
SHARE

Keju yang berasal dari olahan susu memiliki banyak penggemar, rasanya yang cenderung asin dan gurih inilah yang menjadi penambah kenikmatan cita rasa pada berbagai aneka olahan makanan.

Baking friends tahukah kalian keju memiliki berbagai varian loh, kali ini mimin akan ajak kalian membahas mengenai 3 jenis keju berdasarkan kepadatannya.

Nah, apa saja jenis-jenis keju tersebut? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Hard Cheese (Keju Keras)

Di Indonesia, hard cheese digunakan untuk olahan produk baking dan bumbu masakan ala kontinental. Terdapat 2 kategori hard cheese yaitu keju sangat keras seperti parmesan dan semi-keras seperti gouda, edam dan cheddar.

Hard cheese memiliki kandungan air 33-45% bertekstur padat, berbutir dan sering membentuk kristal garam alami seiring bertambahnya umur penyimpanan hard cheese.

Semi Soft Cheese (Keju Semi Lunak)

Semi soft cheese memiliki kandungan air 41-52% dan tergolong dalam keju yang sangat bagus untuk cemilan, dessert dan cocok untuk masakan.

Semi soft cheese dapat dibekukan dan dicairkan tanpa mengalami perubahan rasa tetapi semakin lama tekstur semi soft cheese akan menjadi rapuh. Berikut keju yang termasuk semi soft cheese yaitu Blue Cheese, Le Brin dan Picondon.

Soft Cheese (Keju Lunak)

Soft Cheese memiliki kandungan air 55-80% sehingga rasanya lebih lembut dan tekturnya lebih kental dari pada keju lainnya, soft cheese biasanya tidak matang.

Soft cheese tidak ideal untuk memasak tapi sangat cocok dijadikan sebagai topping berbagai buah-buahan, berikut contoh yang termasuk soft cheese yaitu Cottage, Buchette, Keju Brie dan Mascarpone.

Baking friends suka menikmati jenis keju yang mana nih? Secara umum keju mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin A, B12, fosfor, magnesium dan zinc.

Namun, kalian harus memperhatikan kualitas dalam memilih keju untuk dikonsumsi. Kalian bisa dapatkan keju yang berkualitas dan aman hanya di Store bakingworld.id

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants