Ingin Membuat Roti? Ketahuilah Penggunaan Susu dalam Pembuatan Roti

Angelina Melisa Jumat, 03 September 2021
SHARE

Kalian ingin membuat roti? Tahukah kalian bahwa susu berperan penting dalam pembuatan roti loh. Susu berperan sebagai cairan untuk melarutkan bahan-bahan lain pada adonan roti. Kandungan protein kasein pada susu berfungsi untuk memperkuat ikatan gluten dalam adonan sehingga struktur adonan menyatu dengan sempurna.

Selain itu, susu juga berfungsi untuk membuat warna roti tampak lebih cerah dan membuat aroma roti semakin menggugah selera. Susu memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga susu yang ditambahkan dalam adonan roti dapat memberikan cita rasa yang gurih, dan menambah daya empuk roti serta membuat hasil roti memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga roti yang disajikan semakin lezat dan sedap untuk dinikmati.

Lemak pada susu berfungsi sebagai elastisitas adonan sehingga dapat membantu volume roti bertambah dan mengembang yang membuat ukuran hasil roti semakin besar. Sifat lain lemak susu dapat meningkatkan daya  serap atau absorpsi (menyerap) air dan bau-bauan bahan-bahan lainnya pada adonan roti sehingga aroma roti menjadi wangi susu.

Susu mengandung laktosa atau gula susu yang dapat memberikan efek karmelisasi yang menambah warna roti tampak cantik yaitu warna kuning kecokelatan. Namun, perlu diketahui laktosa pada susu bukan bahan yang baik untuk ragi karena ragi tidak dapat menyerap laktosa dalam jumlah banyak sehingga penting sekali untuk memperhatikan takaran ragi yang tepat dalam pembuatan roti.

Nah, begitulah fungsi susu dalam pembuatan roti. Yuk, baca artikel jenis-jenis susu dan fungsinya dalam pembuatan kue dan roti.

 

Get by voucher
15 Lessons
Prakerja

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants