Fungsi Tepung Tapioka Dalam Pembuatan Kue

Angelina Melisa Kamis, 04 November 2021
SHARE

Baking friends pasti sudah tidak asing dengan tepung tapioka? Nama lain tepung tapioka sering disebut juga tepung kanji yang sering dikenal sebagai tepung pengental dan penambah tekstur kenyal. Tepung tapioka dibuat dari pati singkong, peran tapioka sering digunakan pada olahan kue basah khas Indonesia.

Yuk, ketahui fungsi tepung tapioka dalam pembuatan kue berikut ini.

Memberikan Tekstur Kenyal Pada Kue

Jika ingin membuat aneka kue basah seperti kue lapis dan kulit kue kuk, peran tepung tapioka sangat penting sebagai bahan yang harus ada pada resep. Tepung tapioka digunakan untuk mendapatkan tekstur yang kenyal dan elastis pada kue basah tersebut.

Membantu Mengikat dan Menstabilkan Adonan

Selain sebagai bahan yang membuat tekstur kue menjadi kenyal, peran tepung tapioka berfungsi sebagai pengikat dan penstabil adonan kue sehingga produk kue dapat menjadi padat. Selama proses pemanggangan dan penyimpanan adonan, tepung tapioka berperan menyimpan kelembapan dalam gel untuk mencegah adonan menjadi basah.

Nah, begitulah fungsi tepung tapioka dalam pembuatan kue. Selain pembuatan kue, tepung tapioka sering digunakan sebagai bahan utama olahan makanan seperti bakso, cimol, cireng dan lain-lain.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants