Fungsi Telur Dalam Pembuatan Kue yang Perlu Kamu Ketahui

Angelina Melisa Rabu, 01 September 2021
SHARE

Telur menjadi bahan yang sangat familiar untuk membuat kue, bahkan peran telur sangat penting. Di beberapa resep kue, telur menjadi bahan pokok wajib dalam pembuatan kue. 

Hal ini karena penggunaan telur pada adonan memiliki fungsi yang berperan besar untuk mendapatkan hasil akhir kue yang nikmat. Yuk, baking friends simak 4 fungsi telur dalam pembuatan kue berikut ini.

Sebagai Pengikat Adonan

Fungsi utama telur yaitu menjadi bahan pengikat untuk menyatukan berbagai bahan menjadi adonan yang utuh sehingga adonan yang digunakan dapat terikat dengan sempurna dan siap dipanggang.

Pemberi Cita Rasa dan Aroma

Telur tidak hanya berfungsi mengikat adonan, kelebihan lainnya dari telur yaitu dapat mengubah cita rasa kue menjadi gurih dengan aroma dan cita rasa yang lezat sangat menggugah selera.

Memberikan Warna Kuning Keemasan Pada Kue

Telur yang digunakan tidak selalu telur utuh, kalian juga bisa hanya menggunakan bagian kuning telur saja. Bagian kuning telur dalam pembuatan kue dapat digunakan sebagai pewarna alami pada kue, sebagai contoh kue nastar yang berwarna kekuningan olesan telur di bagian permukaan atasnya.

Memberikan Efek Kering Pada Kue

Jika kalian ingin membuat kue dengan tekstur yang kering biasanya menggunakan bagian putih telur sebagai bahan utama yang wajib tersedia. Putih telur sering digunakan dalam pembuatan kue kering, putih telur memberikan efek kering dan kue tampak lebih kuat serta tidak mudah lembek.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants