Chia Seed vs Biji Selasih, Apa Bedanya?

Angelina Melisa Jumat, 11 February 2022
SHARE

Siapa yang masih mengira bahwa chia seed dan biji selasih adalah biji yang sama? Jangan sampai keliru, bentuknya tampak sama tetapi biji selasih dan chia seed ternyata berbeda, lho.

Lalu, apa perbedaan chia seed dan biji selasih?

Berikut 4 perbedaan chia seed dan biji selasih yang telah Bakingworld.id rangkum, simak penjelasannya yuk!

Bukan Berasal dari Tanaman yang Sama

Chia seed dan biji selasih berasal dari tanaman berbeda. Chia seed berasal dari jenis tanaman mint bernama Salvia Hispanica yang tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Sementara biji selasih berasal dari jenis tanaman bernama Ocimum Basilicum yang tumbuh di India dan sekitar area Mediterania.

Perbedaan Bentuk dan Warna

Biji selasih memiliki ukuran biji yang kecil dan bulat serta berwarna hitam atau coklat tua kehitaman. Sedangkan chia seed memiliki ukuran yang lebih besar dan berbentuk oval. Chia seed memiliki warna yang berbeda-beda, ada yang berwarna hitam, coklat, abu-abu dan putih.

Kandungan Nutrisi Berbeda

Chia seed dan biji selasih memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Chia seed mengandung kaya akan nutrisi seperti antioksidan, serat, protein, kalsium, omega3  dan mineral lainnya.

Chia seed memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan, kesehatan jantung dan dapat membantu mengontrol tekanan darah serta tingkat gula darah dalam tubuh.

Sementara biji selasih mengandung zat besi yang baik untuk kualitas darah, sehingga lebih efektif untuk mencegah anemia dan juga baik untuk kesehatan pencernaan.

Perbedaan Cara Konsumsi dan Mengolahnya

Selain 3 perbedaan yang dijelaskan diatas, chia seed dan biji selasih juga memiliki perbedaan yang mendasar dalam mengonsumsi dan mengolahnya. Chia seed bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah maupun direndam, tergantung olahan yang ingin kamu buat.

Sedangkan biji selasih tidak bisa dikonsumsi mentah-mentah, biji selasih harus direndam dalam air selama sekitar beberapa menit atau bahkan jam, hingga mengembang.

Chia seed tidak mempunyai rasa apapun, sementara biji selasih memiliki rasa tanaman selasih yang ringan. Chia seed biasanya dikonsumsi langsung dengan dicampurkan dalam makanan, seperti salad dan smoothie bowl. Sedangkan biji selasih harus melalui proses perendaman hingga mengembang, biasanya lebih sering digunakan sebagai campuran makanan dan minuman manis, seperti es buah dan puding.

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants