Berikut Ini Pengembang Kue yang Perlu Kamu Coba, Para Pemula Wajib Merapat!

Angelina Melisa Jumat, 22 October 2021
SHARE

Bahan pengembang digunakan untuk membuat kue menjadi lebih bervolume, mengembang dan lembut. Bahan pengembang merupakan komposisi wajib dalam membuat kue agar hasil kue tidak bantat.

Agar kue ataupun rotimu tidak gagal maka kamu perlu menggunakan bahan pengembang. Cobalah gunakan beberapa pengembang kue yang umum digunakan untuk membuat kue hingga roti berikut ini. Yuk, disimak baking friends!

Baking Soda

Baking soda merupakan senyawa basa yang digunakan untuk adonan yang berbahan asam untuk menghilangkan rasa getir, seperti kue yang dikukus atau dipanggang. Bahan utama dalam baking soda adalah sodium bikarbonat yang memiliki sifat mengeluarkan gas sehingga dapat membuat adonan kue menjadi mengembang dan melebar ke samping.

Baking Powder

Baking powder merupakan bahan pengembang yang cenderung netral serta tidak mempengaruhi rasa pada kue. Baking powder mengandung asam sehingga dapat dicampur pada adonan yang tidak memiliki bahan asam. Terdapat 2 jenis baking powder yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder.

Ragi

Ragi merupakan pengembang yang berasal dari mikroorganisme jamur saccharomyces cerevisiae. Mikroorganisme ini membantu proses pengembangan adonan kue menjadi lebih bervolume, empuk, elastis dan kuat. Penambahan ragi pada adonan hanya bisa digunakan untuk adonan roti, donat, roti tawar, bakpau sehingga tidak disarankan untuk adonan kue kering atau cake.

VX

VX merupakan bahan pengembang yang sering digunakan dalam proses pembuatan cake agar cake menjadi lebih mengembang. Pada dasarnya, VX merupakan gabungan bahan pengembang dan pelembut kue dalam satu kemasan.  VX berbentuk serbuk putih yang mengandung sodium bicarbonat, sodium acid pirofosfat dan pati jagung.

Nah, inilah 4 jenis pengembang kue yang dapat kamu gunakan sebagai bahan pengembang kue ataupun roti.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants