Apa itu Whipped Cream? Ini 5 Kegunaan Whipped Cream

Angelina Melisa Senin, 06 June 2022
SHARE

Bagi kamu yang gemar membuat dekorasi cake, dessert atau semacamnya, pasti tidak asing dengan whipped cream atau krim kocok yang tercantum pada resep.

Hmm, tahukah kamu apa itu whipped cream?

Whipped cream adalah krim kental yang terbuat dari susu, biasanya berbentuk bubuk atau cair serta terbagi menjadi 2 jenis yaitu produk whipped cream dairy dan produk whipped cream non-dairy.

Bagaimana membedakan kedua jenis whipped cream tersebut?

Kedua jenis whipped cream ini terbuat dari bahan yang berbeda, produk whipped cream dairy berasal dari lemak susu (hewani), sedangkan produk whipped cream non-dairy berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti kelapa sawit (nabati).

Seperti namanya 'whipped cream' atau krim kocok, cara membuatnya yaitu melakukan pengocokan dengan kecepatan tinggi menggunakan mixer atau whisk hingga mengembang.

Whipped cream yang mengembang sempurna tampak seperti krim putih nan lembut yang dapat dibentuk sebagai hiasan untuk menambah daya tarik tampilan sebuah cake. Selain menjadi dekorasi cake, ternyata whipped cream juga memiliki kegunaan lainnya, loh.

Apa saja kegunaanya? Simak 5 kegunaan whipped cream dibawah ini, yuk!

Digunakan Sebagai Topping Minuman

Kamu pasti sering menemukan minuman kekinian seperti kopi, milkshake hingga minuman bersoda yang diberi krim putih kental dengan rasanya yang manis. Krim putih ini adalah whipped cream yang digunakan sebagai topping minuman.

Selain mempercantik tampilan minuman, perpaduan whipped cream dengan lezatnya minuman akan memberikan sensasi creamy di dalam mulut. Setiap teguk minuman akan membuat rasanya semakin nikmat dan bikin nagih.

Digunakan Sebagai Topping Pancake

Selain digunakan sebagai topping minuman, whipped cream juga bisa digunakan sebagai topping pancake. Selain mengoles madu atau selai, whipped cream juga bisa kamu tuangkan diatas pancake untuk sarapan. Tampilan pancake yang cantik akan semakin menggugah selera.

Sebagai Bahan untuk Membuat Sundae

Whipped cream bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat es krim sundae, loh! Kamu bisa membuat kreasi sundae sendiri di rumah. Cara membuatnya yaitu gunakan whipped cream, lalu tambahkan saus cokelat, potongan buah, kemudian taburkan kacang ke atas sundae. Masukkan ke freezer dan diamkan hingga dingin. Semangkuk sundae dapat kamu nikmati sebagai dessert yang nikmat di rumah.

Digunakan untuk Membuat Salad Buah

Jika kamu bosan dengan salad buah yang menggunakan mayones atau yogurt, kamu bisa ganti kedua bahan tersebut dengan whipped cream. Cara membuatnya yaitu potong buah-buahan kesukaanmu, lalu tambahkan beberapa sendok whipped cream dan aduk hingga tercampur rata. Hmm, membayangkan perpaduan krim yang lembut dengan buah yang segar di dalam mulut, jadi ingin langsung buat sendiri di rumah, ya!

Digunakan Sebagai Hiasan Pudding

Tak hanya digunakan sebagai dekorasi cake, whipped cream juga bisa digunakan sebagai hiasan pudding, loh! Untuk membuat tampilan pudding yang menarik, Tekstur whipped cream yang ringan  serta creamy sangat cocok dipadukan dengan pudding yang lembut, sehingga dapat mempercantik tampilan puding dan menggoda bagi siapapun yang memandang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants