Apa Itu Tepung Semolina?

Angelina Melisa Sabtu, 31 July 2021
SHARE

Apakah kalian pernah mendengar tentang tepung semolina? Kalau kalian ikuti resep membuat pasta di Tips From The Kitchen pasti pernah tahu tepung semolina digunakan untuk membuat pasta. 

Tepung semolina terbuat dari gandum khusus yang berjenis durum wheat (gandum keras) dan memiliki kadar protein lebih tinggi dibandingkan tepung terigu biasa. Semakin tinggi kadar protein pada tepung maka semakin tinggi kadar gluten pada tepung tersebut.

Kadar gluten yang tinggi pada tepung akan menghasilkan tekstur makanan yang kenyal dan elastis. Terdapat 2 jenis tepung semolina yaitu bertekstur halus (fine semolina flour) dan bertekstur kasar (coarse semolina flour), tepung semolina berwarna agak putih dan berwarna kuning.

Tepung semolina sering digunakan untuk membuat pasta, pizza, cake, roti dan berbagai aneka dessert lainnya. Tepung semolina lebih kaya serat sehingga makanan yang diolah akan membuat kenyang lebih lama saat dikonsumsi. 

Nah sudah tahukan ap aitu tepung semolina? Kini dengan tepung semolina kalian bisa membuat berbagai aneka pasta dan pizza homemade di rumah aja loh. 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants