Apa Itu Susu Evaporasi dan Kegunaanya?

Angelina Melisa Selasa, 27 July 2021
SHARE

Baking friends pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis susu seperti susu cair, susu bubuk, hingga susu kental manis. Namun, sudah tahukah kalian apa itu susu evaporasi? 

Susu evaporasi merupakan susu murni yang kadar airnya sekitar 60% dihilangkan melalui diproses pemanasan dengan suhu tinggi serta penguapan. Susu evaporasi dikemas dalam kalengan dan teksturnya sedikit kental.

Sekilas tampilan susu evaporasi hampir mirip dengan susu kental manis tetapi kedua susu ini berbeda, dalam proses pemanasan susu kental manis, sekitar 60% kadar air dihilangkan lalu ditambahkan dengan gula sehingga rasanya manis. 

Susu evaporasi tidak ditambahkan pemanis apapun sehingga rasanya sama dengan susu segar biasa tetapi konsistensinya yang berbeda yaitu cenderung lebih kental. 

Penggunaan susu evaporasi dapat langsung digunakan dari kaleng atau bisa diencerkan dahulu hingga cair menyerupai susu segar. Susu evaporasi sering digunakan dalam kopi dan teh serta dapat dipakai untuk membuat dessert seperti puding, pie susu, egg tart, custard dan lain-lain.

Susu evaporasi dalam kaleng biasanya awet sampai satu tahun penyimpanan selama kemasan tetap utuh dan tidak ada kerusakan. Setelah kemasan susu evaporasi dibuka bisa bertahan selama 3-5 hari disimpan di kulkas.

Baking friends sudah tahukan apa itu susu evaporasi dan perbedaannya dengan susu kental manis? Kalian bisa memilih menggunakan susu evaporasi atau susu kental manis sesuai dengan selera yang kalian inginkan.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants