Apa Itu Mentega Putih? Yuk Kita Ulas di Sini

Angelina Melisa Selasa, 08 June 2021
SHARE

Baking friends kalian pernah nggak nemuin mentega tapi rasanya tawar dan warnanya putih? Dalam dunia bakery dan pastry mentega putih sering dikenal dengan sebutan shortening, lalu apa bedanya mentega putih dengan mentega pada umumnya? 

Shortening lebih padat dan tidak ada kandungan airnya, dalam proses pembuatannya tidak ditambahkan garam dan emulsi lainnya yang membuat shortening menjadi hambar dan berwarna putih pucat. Selain itu, kandungan lemak pada shortening tergolong sebagai lemak sehat. Titik leleh shortening ternyata lebih tinggi dibandingkan mentega dan margarin yaitu 40-44 derajat celsius.

Shortening membuat butter cream kokoh

Shortening biasa digunakan untuk apa ya? Bagi kalian yang ingin membuat bakpao dan butter cream, shortening menjadi bahan pilihan yang wajib ada dalam resep. Dalam pembuatan bakpao, shortening akan membuat tampilan bakpao berwarna putih dengan tekstur yang fluffy. Penggunaan shortening dalam membuat butter cream akan membuatnya lebih kokoh dan tidak mudah meleleh di suhu ruangan.

Mentega putih banyak dijual di pasaran, sebelum kalian membeli mentega putih ketahui dulu 4 jenis mentega putih berikut :

White fat, biasanya digunakan untuk membuat roti tawar. Shortening yang satu ini terbuat dari lemak susu sapi tanpa tambahan emulsifier sehingga rasanya sangat gurih.

Baker’s fat, kalian yang ingin membuat butter cream atau biskuit krim filling maka kalian bisa memilih baker’s fat. Shortening jenis ini pembuatannya menggunakan emulsifier dan tidak asli dari lemak susu sapi.

Cake fat, shortening yang satu ini berbeda dengan yang lainnya karena dalam proses pembuatannya ditambahkan dengan emulsifier dan bahan-bahan lainnya sehingga merubah warna dan aromanya. Cake fat sering digunakan sebagai bahan untuk dekorasi cake.

Pastry’s fat, shortening biasanya sering digunakan dalam membuat lapisan pada puff pastry.

Nah, baking friends sudah tahukan tentang mentega putih maka dari itu kalian pasti nggak bingung lagi ketika menjumpai mentega yang berwarna putih pucat dan hambar ini di pasaran.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants