Apa Itu Gelatin dan Fungsinya?

Angelina Melisa Jumat, 30 July 2021
SHARE

Dalam olahan makanan ataupun kue, gelatin termasuk dalam agen bahan pembentuk. Gelatin adalah senyawa turunan protein yang dibuat dari kolagen hewan (dari kulit, tulang dan jaringan ikat).

Kini hadir gelatin nabati yang terbuat dari ekstrak rumput laut. Jadi, kandungan gelatin bukan hanya dari kolagen hewani saja sehingga aman bagi kalian yang alergi terhadap gelatin hewani.

Gelatin dalam olahan makanan dan kue memiliki 2 jenis yaitu gelatin lembaran dan gelatin bubuk. Gelatin lembaran digunakan untuk hasil olahan makanan yang lebih lembut sedangkan gelatin bubuk cenderung menghasilkan produk yang padat dan lebih kenyal.

Apa sih fungsi dari penggunaan gelatin?

Fungsi utama gelatin adalah bahan yang berfungsi sebagai pengental atau menstabilkan adonan kue agar lebih kokoh dan kenyal. Keunggulan menggunakan gelatin dalam adonan kue yaitu adanya sensasi melting atau meleleh di lidah.

Gelatin berfungsi mengentalkan adona tanpa membuat tekstur menjadi sangat padat melainkah lebih lembut. Oleh karena itu, gelatin sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat cheese cake, ice cream cake, mousse, puding, glaze topping, whipped cream dan sebagainya.

Baking friends kalau menemui resep yang harus menggunakan gelatin, nggak boleh dilewatkan karena akan sangat mempengaruhi hasil akhir dan kenikmatan kue yang akan dihidangkan.

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants