7 Fungsi Gula untuk Baking Selain Sebagai Pemanis

Angelina Melisa Rabu, 20 July 2022
SHARE

Siapa yang hobi banget bikin aneka roti dan kue di rumah? Dalam proses baking, gula menjadi salah satu bahan yang tidak pernah lepas dari berbagai resep roti atau kue.

Peran gula sangat penting pada roti dan aneka kue yaitu dapat memberikan rasa manis dan aroma yang lezat, sehingga roti dan kue menjadi lebih menggoda.

Selain sebagai pemanis, ada 7 fungsi gula yang berperan penting untuk baking. Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Berfungsi Sebagai Pelunak Adonan

Gula memiliki peran penting sebagai pelunak pada adonan roti. Gula yang larut di dalam air pada saat membuat adonan akan menunda pembentukan gluten pada adonan, sehingga dapat membantu pembentukan struktur adonan menjadi lebih empuk dan enak.

Yuk, cobain bikin Resep Roti Kasur Lembut, Empuk dan Mudah Dibuat

Makanan Bagi Ragi

Ragi merupakan salah satu bahan penting yang berfungsi sebagai bahan pengembang adonan, sehingga ragi membutuhkan gula sebagai makanan dan kemudian menghasilkan karbon dioksida pada adonan. Dengan adanya  gula, fungsi ragi akan semakin berkembang, sehingga dapat membuat adonan semakin melar dan elastis.

Mengatur Fermentasi

Gula dapat berfungsi sebagai starter mikroorganisme untuk mempercepat proses fermentasi. Pengaruh penambahan gula dan ragi pada adonan akan memberikan peran penting dalam proses fermentasi.

Memberikan Warna Alami dan Karamelisasi Pada Roti

Gula dapat berperan sebagai pewarna alami pada roti, ketika proses pemanggangan gula dalam adonan akan menjadi karamel sehingga memberikan warna cokelat keemasan dan mengkilap yang indah pada roti.

Memberi Kelembaban Pada Roti

Gula memiliki sifat higroskopis, kandungan ini berfungsi untuk menarik dan mempertahankan kelembaban, sehingga roti memiliki ketahanan lembab yang lebih baik.

Menambah Nilai Gizi Pada Roti

Gula mengandung kaya akan gizi yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah karbohidrat, energi, fosfor, kalsium hingga kalium. Gula tidak hanya digunakan sebagai bahan penambah rasa pada roti, tetapi juga memberikan tambahan nilai gizi pada roti untuk dikonsumsi masyarakat.

Berfungsi Sebagai Dekorasi Kue

Selain fungsi gula di atas, gula juga berperan sebagai bahan dekorasi kue, contohnya seperti gula halus atau icing sugar yang ditaburkan pada donat maupun roti. Bukan hanya mempercantik kue saja, taburan gula tersebut dapat menambah rasa manis pada kue.

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants