7 Bahan Pengganti Telur untuk Membuat Kue, Mudah Ditemukan

Angelina Melisa Senin, 23 May 2022
SHARE

Telur menjadi salah satu bahan yang memiliki peran penting dalam pembuatan kue. Telur juga memiliki fungsi penting dalam pembuatan kue, misalnya berfungsi sebagai bahan pengembang alami, menambah kelembaban kue atau telur sebagai bahan pengemulsi adonan kue, sehingga hasil kue tidak kering atau bahkan keras.

Selain itu, telur merupakan bahan makanan yang kaya akan sumber protein, sehingga penggunaan telur juga berperan dalam memberikan nutrisi baik dalam baking.

Meskipun begitu, ada sebagian orang yang menghindari telur karena berbagai alasan, seperti sedang diet vegan, alergi atau tidak menyukai aroma telur yang berlebihan pada kue. Namun tak perlu khawatir, untungnya ada banyak bahan pengganti telur untuk membuat kue yang mudah ditemukan dan praktis digunakan

Nah, penasaran apa saja bahan pengganti telur untuk membuat kue? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pisang

Pisang yang ditumbuk halus dapat menjadi bahan pengganti telur dalam pembuatan kue. Pisang dapat berfungsi menambahkan kelembaban yang kental pada adonan kue. Namun sayangnya, pisang akan sedikit mempengaruhi rasa kue sehingga pastikan kamu memilih resep kue yang cocok seperti muffin, brownies, dan aneka roti pisang.

Meskipun pisang dapat menjadi bahan pengganti telur, pisang tidak bisa membuat adonan kue mengembang. Oleh karena itu, pastikan juga untuk menambahkan baking powder atau baking soda untuk membantu adonan mengembang. Setiap 65 gram pisang atau setengah buah pisang yang dihaluskan bisa menggantikan satu butir telur.

Tepung Maizena

Tepung maizena atau pati jagung dapat digunakan sebagai pengganti telur, pati jagung berfungsi sebagai pengikat serta menjaga tekstur kelembaban pada kue. Tepung maizena menjadi salah satu bahan yang tepat sebagai bahan pengganti telur pada pembuatan kue. Cara menggunakannya yaitu tambahkan 2 sdm tepung maizena, lalu tambahkan 3 sdm air untuk mengganti satu butir telur.

Baca Juga: 4 Kegunaan Tepung Maizena yang Jarang Diketahui

Chia Seed atau Flaxseed

Biji chia dapat digunakan sebagai bahan pengganti telur untuk membuat kue panggang yang butuh tekstur, misalnya seperti muffin, waffle, pancake, atau kue kering. Cara menggunakannya yaitu giling biji chia atau flaxseeds hingga halus. Satu sendok makan (7 gram) bubuk chia atau flaxseed yang dicampurkan dengan tiga sendok makan air (45 gram) hingga mengental, dapat menggantikan satu butir telur.

Cuka dan Baking Soda

Jika kamu ingin membuat kue mangkut atau roti cepat saji, kamu dapat menggantikan telur dengan menggunakan campuran baking soda dan cuka. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat menghasilkan karbon dioksida dan air, sehingga dapat membuat kue panggang menjadi lebih ringan. Cara menggunakannya yaitu campurkan 1 sdt (7gr) baking soda dengan 1 sdm (15gr) cuka untuk menggantikan satu butir telur.

Tahu Sutra

Tahu sutra memiliki kadar air tinggi dengan konsistensi yang lembut, sehingga penggunaan tahu sutra sebagai pengganti telur dapat menghasilkan produk kue atau roti yang lebih berat dan padat.Tahu sutra sangat cocok digunakan untuk membuat brownies, roti,  dan biskuit. Seperempat cangkir atau sekitar 60 gram  tahu sutra yang sudah dihaluskan,  setara dengan satu butir telur. 

Bubuk Agar-Agar

Bubuk agar-agar berperan untuk menggantikan telur dalam adonan kue. Bagi vegetarian, bubuk agar-agar dapat digunakan sebagai opsi tepat untuk menggantikan telur dan gelatin. Penggunaan agar-agar tidak mempengaruhi atau mengubah cita rasa kue, hanya saja tekstur kue yang dihasilkan akan sedikit lebih kaku. Cara menggunakannya yaitu mencampurkan 1 sdm (9 gram) bubuk agar-agar dengan 1 sdm (15 gram) air untuk menggantikan 1 butir telur, lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian dinginkan dalam kulkas, setelah suhunya dingin, aduk kembali agar-agar tersebut dan campurkan ke dalam adonan kue.

Saus Apel

Saus apel dapat berperan menggantikan telur untuk menambah kelembaban, kepadatan serta menambah rasa manis pada adonan kue. Saus apel dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat cake cokelat dan brownies, kue dengan cita rasa cokelat dapat menyembunyikan rasa saus apel dengan baik. Kamu dapat menggunakan 65 gram saus apel untuk menggantikan satu butir telur dalam resep kue.

Baca Juga:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants