5 Bahan Olesan yang Membuat Permukaan Roti Mengkilat

Angelina Melisa Kamis, 10 February 2022
SHARE

Siapa yang tidak tergiur dengan aroma roti? Saat membuka pintu toko roti, aroma roti yang nikmat tercium sangat harum, tampak jejeran roti dengan permukaan kecoklatan mengkilat yang semakin menggugah selera.

Nah, penasaran bagaimana cara membuat permukaan roti yang terlihat mengkilat? Ternyata dibalik tampilan roti yang coklat dan mengkilat, ada bahan-bahan rahasianya, lho.

Kali ini Bakingworld.id akan membahas 5 bahan rahasia untuk membuat permukaan roti mengkilat, simak yuk!

Telur

Kamu bisa menggunakan telur sebagai bahan olesan roti. Caranya mudah banget, gunakan telur utuh atau bisa juga hanya menggunakan kuning telur saja, lalu dikocok hingga halus. Kemudian oleskan kocokan telur pada permukaan roti sebelum dipanggang.

Roti yang diberi olesan telur akan membuat hasil permukaan roti mengkilat dan terasa lembut. Jika hanya menggunakan kuning telur saja, hasilnya permukaan roti menjadi lebih kuning kecoklatan dan mengkilat.

Susu Cair

Kamu juga bisa menggunakan susu cair sebagai olesan roti. Namun, menggunakan susu cair sebagai  olesan tidak  menghasilkan permukaan yang sangat kuning dan seterang telur atau mentega. Jika menggunakan olesan telur terasa sangat nelur, maka susu cair bisa dicampurkan pada telur lalu dioleskan ke permukaan roti.

Yuk, lihat tips mengoles roti menggunakan telur dan susu cair disini!

Mentega atau Margarin Cair

Menggunakan mentega maupun margarin sebagai olesan permukaan roti dapat membuat hasilnya tampak kuning keemasan dan mengkilat. Selain membuat tampilan roti yang cantik, kedua bahan ini dapat menambah aroma khas pada roti.

Cara menggunakan kedua bahan ini sebagai olesan roti yaitu lelehkan dahulu mentega atau margarin, lalu oleskan mentega atau margarin cair pada permukaan roti setelah setengah dipanggang. Kemudian, masukan kembali roti yang dioles ke oven untuk  dipanggang kembali.

Madu

Jika ingin membuat permukaan roti terasa manis dan mengkilat, kamu bisa menggunakan bahan pemanis alami seperti madu. Namun, cara olesan madu berbeda karena madu tidak dioles sebelum adonan dipanggang melainkan setelah roti keluar dari oven.

Hal ini dilakukan agar tekstur madu tidak terlalu pekat untuk olesan, cara menggunakan madu sebagai olesan yaitu panaskan madu dalam microwave selama 15-20 detik. Tekstur madu yang mencair dapat dioleskan pada roti, sehingga permukaannya tampak cantik, mengkilat, lembut dan terasa manis.

Gula

Jika kamu tidak punya madu di rumah, kamu bisa gunakan gula sebagai olesan permukaan roti. Olesan gula dapat membuat permukaan roti terlihat mengkilat dan terasa manis. Gunakan gula halus yang dilarutkan dalam susu atau air, lalu oleskan di permukaan adonan roti sebelum masuk panggangan.

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants