5 Bahan Alternatif Pengganti Santan, Lebih Sehat!

Angelina Melisa Rabu, 16 February 2022
SHARE

Apakah kamu senang memasak makanan bersantan? Namun, kamu cemas dengan kandungan lemak jahat dari santan yang dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tidak perlu cemas, kamu tetap bisa memasak makanan dengan cita rasa creamy menggunakan bahan alternatif pengganti santan yang mengandung rendah lemak .

Namun, hasil masakan tidak terlalu mengental dan tidak seenak seperti menggunakan santan. Tetapi dengan 5 bahan pengganti santan berikut ini, kamu tetap dapat menikmati masakan enak yang rendah lemak. Yuk, simak apa saja bahan-bahannya!

Susu Cair

Kamu dapat mengganti santan dengan susu cair tanpa pemanis atau susu sapi segar. Untuk menghindari kandungan lemak yang tinggi, kamu dapat memilih susu low fat atau susu skim (non fat) yang mengandung rendah lemak.

Perlu diperhatikan ketika proses memasak makanan,  tambahkan susu di akhir pemasakan saja. Hal ini dilakukan karena susu adalah bahan makanan yang cepat rusak pada suhu tinggi. Jenis makanan dengan pengganti susu yaitu mie kuah susu, soto betawi dan schotel.

Susu Kedelai

Susu kedelai dapat digunakan sebagai bahan pengganti santan bagi kamu yang intoleran laktosa. Susu kedelai mengandung nutrisi sehat, tidak memiliki gula atau kalori yang banyak seperti santan. Jenis masakan dengan pengganti susu kedelai yaitu sayur lodeh dan puding susu.

Baca Juga: Tips Menggunakan Santan untuk Membuat Kue Tradisional

Kemiri

Kemiri dapat menjadi bahan pengganti santan untuk menghindari kolesterol. Proses pembuatannya yakni kemiri disangrai dan dihaluskan hingga menjadi krim pengganti santan pada makanan. Menggunakan krim kemiri pada masakan dapat memberikan rasa gurih dan jauh dari lemak jenuh.

Kacang Mete

Bahan pengganti berikutnya dari kacang-kacangan yaitu kacang mete. Kacang mete dapat memberikan tekstur kental dan rasa yang gurih pada masakan. Cara menggunakannya yaitu rendam mete selama 1 malam hingga empuk, lalu haluskan kacang mete dan siap dijadikan pengganti santan.

Jika tidak mau repot membuatnya, kamu dapat menggunakan susu mete yang sudah tersedia banyak di pasaran. Susu mete mengandung kaya serat, vitamin, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Almond

Selain kacang mete, kamu juga bisa mengganti santan dengan almond. Cara menggunakannya hamper sama dengan kacang mete yakni rendam almond hingga empuk, lalu dihaluskan hingga menjadi krim.

Jika tidak ingin membuat krim almond, kamu juga bisa menggunakan susu almond. Susu almond dapat menjadi bahan pengganti santan yang rendah kalori dan rasanya netral sehingga tidak mengubah cita rasa masakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Produk List


Artikel Terkait

Where to chow and iptv4sat Champions League? - Restaurants